Home » » Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan Lingkungan Hidup

Kerusakan Lingkungan Hidup

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sampai berjumpa kembali pada pembahasan yang berkaitan dengan pembahasan kita sebelumnya yakni Lingkungan Hidup. Silahkan pengunjung blog yang budiman untuk membacanya, walaupun singkat semoga dapat bermanfaat banyak bagi para pembaca. :)

Kerusakan Lingkungan Hidup dan Pelestariannya

Kerusakan lingkugan hidup disebabkan oleh berbagai aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam upaya memanfaatkan lingkungannya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Besarnya aktivitas manusia itu dalam memanfaatkan lingkungan hidupnya tanpa dibarengi dengan merawat dan menanggulangi bahaya kerusakan, menyebabkan keruasakan lingkungan hidup diberbagai sektor, diantaranya:

1. Kerusakan Lahan/Hutan

Kerusakan lahan mengakibatkan lahan kritis atau hilangnya kesuburan tanah. Penyebabnya adalah penggudulan hutan, erosi tanah, penggunaan pupuk kimia yang berlebihan, dan kebakaran hutan.

Hutan sebagai sumber utama kebutuhan manusia, merupakan jenis sumber daya yang mudah diperbaharui. Tetapi karena pemanfaatan dan pengambilan hasil hutan yang tidak sebanding dengan pelesatarian hutan menyebabkan terjadinya kerusakan hutan. Setiap tahun kini di dunia diperkirakan enam juta hektar hutan berubah menjadi padang ilalang. Sehigga kalau keadaannya tetap seperti ini, maka besar kemungkinan pada beberapa tahun yang akan datang saja, bumi tidak akan memiliki hutan.

Bentuk Kerusakan hutan yang diakibatkan oleh aktivitas manusia antara lain:

a. Pemanfaatan sumber daya hutan secara berlebihan tanpa dibarengi dengan usaha perbaikan hutan yang sebanding dengan pemanfaatannya. Contoh Penebangan pepohonan untuk industri kertas, untuk bahan bangunan, untuk bahan furniture atau penebangan pohon untuk kayu bakar.
b. Berubahnya fungsi hutan menjadi lahan pertanian, hal ini terjadi karena hutan ditebang dan dibakar untuk pemukiman, sehingga areal hutan menyempit.

Akibat kerusakan hutan, antara lain:

- Punahnya berbagai jenis hewan dan tumbuhan, sehingga menyebabkan berkurangnya keanekaragaman hayati.
- Terjadinya perubahan iklim karena pengaturan klimatologis seperti hujan, suhu dan sinar matahari menjadi tidak lagi berfungsi.
-  Terjadinya kekeringan pada musim kemarau dan akan terjadi banjir pada musim hujan.
-  Terjadi lahan kritis dimana tanah tidak menjadi subur, sehingga tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik.

2. Polusi Udara

Tercemarnya lapisan atmosfer bumi mengakibatkan terjadinya perubahan suhu dan iklim yang ekstrem. Misalnya terjadinya pemanasan global yang disebabkan karena kadar lapisan karbondioksida menebal, penipisan ozon dan sebagainya, dan disamping itu pencemaran udara menyebabkkan gangguan bagi makhluk hidup seperti sesak napas, batuk kering, dan lain-lain. Polusi udara disebabkan oleh penggunaan kendaraan bermotor  yang menghasilkan gas CO2  ,CO, Timbal, Silika dan Zat berbahaya lainnya, Aktivitas  industri, dan kebocoran minyak mentah.

3. Pencemaran Air

Air merupakan kebutuhan pokok makhluk hidup. Pencemaran air mengakibatkan terjadinya krisis air bersih. Air dikatakan sehat bila ketiga kriteria berikut ini terpenuhi, yakni:  tidak berwarna, tidak berbau dan tidak berasa. Penyebab pencemaran air antara lain disebabkan oleh pembuangan limbah rumah tangga ke sungai, limbah kimia dari pabrik, dan kebocoran minyak mentah.

Hasil buangan yang masuk ke dalam air pada waktu dan jumlah tertentu dapat menimbukan pencemaran air. Pencemaran air dapat menyebabkan berkurangnya persediaan air bersih yang memenuhi syarat, sehingga berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya.

4. Pemanasan Global

Pemanasan global adalah peningkatan suhu udara dari suhu rata-rata normal secara global, meliputi suhu rata-rata atmosfer (udara), laut dan daratan. Penyebabnya kegiatan industri dan pertanian, pembakaran bahan bakar fosil seperti bensin, solar, dan batu bara pada mesin kendaraan bermotor, industri, dan listrik yang menghasilkan gas-gas buang. karbondiosida, sulfur oksida, dan nitrogen oksida dibuang ke udara ketika pembakaran berlangsung. Penggunaan klorofflurokarbon (CFC) pada kulkas dan AC yang dilepaskan ke udara juga turut meningkatkan suhu udara. selain itu, gas CFC juga dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon.

Kesimpulan

Kerusakan lingkungan hidup yang sekarang melanda bumi kita termasuk bumi Indonesia adalah akibat dari ulah tangan manusia sendir dalam usaha untuk memenuhi kebutuhannya. Berbagai upaya dilakukan untuk memuaskan kebutuhannya tanpa memperhatikan dan peduli terhadap akibat yang terjadi dari perbuatannya itu.  Terjadinya bencana banjir, menipisnya persediaan air minum yang sehat, timbulnya berbagai macam penyakit, keadaan cuaca dan iklim yang tidak menentu adalah seberapa saja dari sekian banyak akibat yang ditimbulkan oleh kerusakan lingkungan. Hanya kesadaran dan kepedulian kita sajalah yang bisa mencegah berlanjutnya kerukan lingkungan kita ini. Mari Bersahabat dengan Lingkungan!!

Sekian dulu dan terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Sumber gambar: www.google.com/search?q=gambar+kerusakan+lingkungan
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 10/20/2013

0 komentar:

Post a Comment