Home » , » Melatih Keterampilan Berpikir (lanjutan)

Melatih Keterampilan Berpikir (lanjutan)

Melatih Keterampilan Berpikir (lanjutan)

Meningkatkan Daya Ingat



Keterampilan mengingat yang baik yaitu menyimpan hal-hal dengan baik, sehingga kelak dapat dikeluarkan (digali) kembali sebagaimana mestinya.
Cara melatih daya ingat. Ambil pena dan kertas, lalu buat daftar situasi dimana kita dapat menggunakan daya ingat dengan lebih luas daripada yang sudah-sudah. Termasuk di dalamnya kegiatan dan tugas sekolah, mengurus pesanan, penggunaan daftar belanja atau jadwal apa-apa yang perlu dikerjakan, belajar bahasa asing, menghafal fakta pokok tentang topik, mengingat kembali nama orang atau mengingat kembali nomor telepon, alamat dan kode pos. Ambillah salah satu gunakan sebagai pendekatan pertama untuk mengubah kebiasaan daya ingat. Menghafal Al-Qur’an walau satu ayat setiap hari juga sangat baik untuk melatih daya ingat.
Teknik berikut akan menolong kita menanamkan dan menyimpan peristiwa atau hal lebih lama dan kuat di dalam otak
1. Menggabungkan masukan verbal, visual, tactile, dan kinesthetic, untuk membentuk jumlah “gambaran” berjenis-jenis yang membawa lebih banyak kegiatan otak aktif berperan.
2. Menambah isi yang emosional terhadap gambaran sepertihumor, perasaan-perasaan kuat akan pentingnya persolan tersebut.
3. Menggabungkan ide dengan ide penting lainnya yang telah diingat, sehingga mengingat kembali salah satu dari ide-ide tersebut dengan demikian dapat mendatangkan ide baru. 

Mengembangkan Intuisi

 
Intuisi merupakan daya atau kemampuan mengetahui atau memahami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati atau gerakan hati (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Pada proses ini kita akan berusaha memahami sesuatu hal tanpa menverbalkannya (mengungkapkan dengan lisan). Sebagai percobaan ambil benda yang umum seperti pena, sepatu, atau cincin. Segera Anda “mendengarkan” nama tersebut mulai timbul dalam pikiran, hentikan proses dan mulai dari permulaan lagi. Cari waktu ke waktu dalam berbagai situasi , ulangi proses persepsi tak verbal tersebut, apa saja yang dilihat dan didengar. Usahakan mencari (menemukan) sebagian aspek dari apa yang dilihat, dan menahan (menentang) verbalisasi dan yang tak punya nama. Pikirkan bentuk, tekstur atau sebagian bentuk ruang. Hal ini akan meningkatkan keterampilan merasakan tingkat intuisi dari persepsi. 

Menggunakan Teka-teki dan Permainan untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir
 
Gunakan jenis-jenis permainan (game) yang menarik dan dapat merangsang kita untuk berpikir. Lakukanlah untuk mengisi waktu senggang yang anda miliki, daripada waktu senggang anda lebih banyak untuk digunakan menonton TV atau Film yang sifatnya pasif. Dalam permainan game yang menantang otak dan jiwa kita dilatih untuk memecahkan masalah atau kasus yang kita hadapi dalam game tersebut. Dan akan timbul kepuasan dan kepercayaan diri ketika sebuah permainan yang sulit dapat kita pecahkan. 

Refrensi:
Brain Power. Karl Albrecht
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 3/18/2014

0 komentar:

Post a Comment