Cara Mudah Membuat Blog

Membuat blog atau web rupanya sudah menjadi sebuah kebutuhan pada era informasi dan teknologi ini. Blog dijadikan sebagai media untuk menuangkan ide dan pikiran melalui tulisan, baik untuk kepentingan pribadi atau untuk dibagikan kepada pembaca lain.

Blog atau web juga dijadikan untuk mendapatkan uang dan menjalankan bisnis online. Tentu saja masih banyak yang menjadi dasar atau tujuan dibuatnya blog ini.

Karena sebagian alasan inilah artikel tentang "Cara Mudah Membuat Blog" ini saya posting. Tentu masih banyak orang yang membutuhkan artikel sejenis ini, terutama bagi orang-orang yang baru pertama/ berkeinginan membuat blog.

Untuk membuat sebuah blog di blogspot, yang pertama kali dibutuhkan adalah sebuah email gmail. Karena itulah yang pertama kali harus dibuat adalah email. Kalau anda belum punya email ini silahkan buat terlebih dahulu. Anda bisa melihat panduan membuat email ini di artikel saya yang berjudul Cara Membuat Gmail.

Selanjutnya mari perhatikan langkah-langkah dalam membuat blog di blogspot berikut ini:

Langkah-Langkah Membuat Blog

 
1. Masuk ke Link ini : Blogspot
2. Masukkan email dan password pada kotak yang telah disediakan, lalu klik masuk/log in.
Cara Mudah Membuat Blog

3. Kalau ternyata kamu di bawa ke setingan akun google plus seperti gambar di bawah abaikan saja atau edit mana yang perlu kamu edit. (biasanya hal ini terjadi pada akun yang sudah lama tidak dibuka). Kembali ke dasboard dengan cara mengetikkan alamat www.blogspot.com di address bar. 

Cara Mudah Membuat Blog

4. Di Dasboard Klik Blog Baru. Maka formulir pembuatan blog terbuka. Lalu isikan Judul Blog, Alamat Blog, dan pilih template yang anda inginkan. pilih saja template sembarang dulu. Nanti kamu bisa mengganti template sesuai dengan yang kamu inginkan.

Klik Buat Blog! Sekarang Blog dianggap sudah jadi tinggal menulis postingan dan mengatur tampilan blog
 
Cara Mudah Membuat Blog

Belajar Menambahkan Gadget 


Cara menambahkan gadget sebagai berikut : Di Dasboard klik Tata Letak > tambahkan gadget.> pilih gadget yang anda butuhkan.

Perlu diketahui jenis gadget yang penting untuk sebuah blog, seperti Arsip Blog, Label atau Katagori, Popular Posts, dan Recent Posts.

Untuk pengaturan keseluruhan blog ada di dasboard. Jangan takut  untuk mengutak-atiknya agar nantinya anda mengerti!

Cara Mudah Membuat Blog
Cara Mudah Membuat Blog

 Membuat dan Menerbitkan Postingan


Untuk membuat tulisan/postingan blog klik gambar pensil. Akan terbuka form seperti gambar di bawah. Pada formulir ini anda bisa menulis artikel sepanjang dan sepuasnya. Bahkan artikel blog yang baik menurut para ahlinya, sebaiknya minimal 500 bahkan kalau bisa minimal 1500 kata.

Di form ini anda juga bisa memasang gambar atau foto, video, dan membuat link/tautan yang mengarah ke artikel lainnya. Caranya silahkan baca penjelasannya sambil perhatikan gambar di bawah.

Cara Mudah Membuat Blog

Perhatikan bagian lingkaran gambar yang ada di atas. penjelasannya sebagai berikut:

No.1 untuk membuat link atau tautan;

No. 2 untuk memasukkan gambar ke dalam artikel;

No. 3. digunakan untuk memasukkan video, dan

No. 4 untuk membuat read more (cukup dengan menaruh pointed cursor pada satu atau dua alinea pada artikel dan langsung mengklik no 4).

Sedangkan untuk membuat link, caranya sebagai berikut block kata yang akan dijadikan judul tautan (anchor teks) lalu klik tulisan Link (1) masukkan atau paste-kan url yang kamu inginkan, dan klik OK. Lihat gambar.

Cara Mudah Membuat Blog

Belajar Mengganti Template Blog


Supaya blog menarik dan indah untuk dilihat dan pengunjung betah berlama-lama di blog kita maka gunakanlah template yang menarik dan sesuai dengan niche atau katagori blog.

Banyak sekali template yang tersedia, mulai dari template bawaan blogspot sendiri, seperti yang terlihat pada dasboard sampai template-template dari situs-situs penyedia template lainnya. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar.

Yang paling penting diperhatikan pada saat menggunakan template blog ini, template harus responsive dan mobile friendly, serta loadingnya haruslah ringan.

Rekomendasi saya untuk anda, carilah template dengan beragam pilihan di btemplates.

Cara Mendownload dan Mengupload Template

1. Buka situs Btemplates tersebut dan pilih jenis templates blog yang anda inginkan.

Misalnya anda memilih jenis template Sevim. Kemudian Klik Download. Tunggu sampai proses download selesai.

Cara Mudah Membuat Blog

2. Buka template yang di download tadi pada drive komputer anda (tempat file download di simpan).

3.  Extract file tersebut. Lihat gambar.

4.  Masuk ke dasboard > Template > Cadangkan atau pulihkan > Browse.

5. Anda akan di bawa ke drive PC/Laptop anda cari template yang anda ekstrak tadi dan pilih tipe template yang bertipe XML file.

6. Terakhir klik unggah/upload. Tunggu sebentar sampai proses pengunggahan selesai.

Jika berhasil maka tampilan blog anda akan seperti gambar di bawah ini.

Cara Mudah Membuat Blog

Cara Menghilangkan Gambar Obeng dan Tang

 
Perhatikan caranya sebagai berikut:
Silahkan masuk ke dasboard > Klik Template > Edit HTML.

Cari kode ]]></b:skin>

Untuk memudahkan anda mencari kode ini, tekan Ctrl + F di keyboard anda di dalam kotak Edith HTML setelah terbuka . Kemudian pastekan kode di atas pada kolom Search kemudian Enter. Maka anda langusng dibawa ke kode ]]></b:skin>. Sekarang copy kode di bawah ini

.quickedit { display:none; }

Kemudian letakkan di atas ]]></b:skin> terakhir simpan dan coba lihat hasilnya.
Lihat Gambar untuk menempatkan kode html.


Cara Mudah Membuat Blog

Tambahan lain

Submit url blog anda ke google webmaster tools dan bing webmaster tools, setiap kali  anda selesai memposting artikel untuk mempercepat indeks/crawl supaya tulisan anda muncul di browser ketika dicari dengan menggunakan kata kunci yang anda target.

Demikian tadi adalah Cara Mudah Membuat Blog. Semoga mudah untuk di pahami. Terima kasih atas kunjungan anda.
Labels: Tips dan Trik

Thanks for reading Cara Mudah Membuat Blog. Please share...!

2 Comment for "Cara Mudah Membuat Blog"

Saya suka artikel ini. Boleh tidak saya menshare balik lewat blog saya? Terima kasih

Back To Top