Home » » Faktor-Faktor Pendorong Timbulnya Perdagangan Antar Daerah atau Antar Negara

Faktor-Faktor Pendorong Timbulnya Perdagangan Antar Daerah atau Antar Negara

Faktor-Faktor Pendorong Timbulnya Perdagangan Antar Daerah atau Antar Negara

Faktor-Faktor Pendorong Timbulnya Perdagangan


Sepintas lalu kita bisa melihat timbulnya kegiatan ekonomi antar daerah atau antar negara disebabkan karena adanya perbedaan permintaan dan penawaran terhadap suatu barang di negara yang satu dengan negara yang lain.

Tetapi jika diselidiki lebih lanjut, sebenarya yang mendorong timbulnya kegiatan perdagangan antar daerah atau perdagangan antar negara, sedikit banyak berkisar pada faktor-faktor berikut : 

1. Perbedaan tingkat kejarangan (scarcity) 

Kebutuhan manusia dapat dikatakan tidak terbatas dalam jumlah dan jenisnya. Kebiasaan masyarakat itu tidak tetap, walaupun nampaknya statis. Di samping itu dalam masyarakat senantiasa terdapat kekurangan yang sifatnya relatif yang menimbulkan ekonomi sebagai ilmu pengetahuan. Inilah yang merupakan azas daripada ilmu ekonomi, sehingga dasar daripada tindakan ekonomi adalah pemilihan di antara berbagai kemungkinan pemilihan untuk memenuhi kebutuhan. 

Kemungkinan-kemungkinan itu bersifat alternatives. Dengan perkataan lain dasar dari tindakan ekonomis adalah menghubungkan antara relative scarcity tersebut dengan permintaan (demand). Prinsip ini pun berlaku pada kedua macam perdagangan tersebut di atas. 

Apabila suatu daerah atau bangsa, tingkat scarcitynya lebih rendah daripada negara lain, maka dari wilayah ini akan mengalir barang-barang ke wilayah lain di mana tingkat kejarangannya lebih tinggi. Perdagangan antar daerah dan perdagangan internasional akan terus berlangsung selama adanya perbedaan tingkat kelangkaan (scarcity) ini. 

2. Perbedaan faktor produksi 

Perbedaan faktor produksi antara daerah yang satu dengan daerah yang lain, akan menyebabkan daerah-daerah itu menjadi daerah surplus dan daerah yang minus. Perbedaan-perbedaan faktor produksi itu pada kelanjutannya akan menimbulkan perbedaan tingkat produktivitas tiap daerah yang mungkin dicapai. 

3. Perbedaan komparatif dari harga barang 

Selama ada perbedaan komparatif harga-harga barang, selama itu pula akan timbul arus ekonomi yang mengalir antar daerah atau bangsa. Perbedaan harga komparatif (Perbedaan harga yang diperbandingkan) adalah perbandingan harga barang A dengan harga barang B di suatu negara, diperbandingkan dengan harga barang A dan B di negara lain. Bila negara-negara tersebut tersebut negara I dan negara II, maka perbedaan biaya komparatifnya adalah : 

Sumber : Buku Ekonomi Internasional, Sobri
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/28/2014

1 komentar: