Home » » Penemu Kertas Ts'ai Lun

Penemu Kertas Ts'ai Lun

Ts’ai Lun adalah seorang penemu kertas yang pertama kali di dunia. Dia hidup pada masa Kaisar Ho Ti, raja dari Dinasti Han pada tahun 105 M. Ts’ai Lun merupakan seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan pada waktu itu. Penemuannya ini dicatat dalam penulisan sejarah resmi dinasti Han. 

Penemu Kertas Ts'ai Lun
Atas penemuan kertasnya itu, kaisar menaikkan pangkatnya dan memberikannya gelar kebangsawanan. Tetapi , belakangan dia terlibat dalam komplotan anti istana yang menyebabkan dia di tendang dari kerajaan. Catatan-catatan resmi Cina menyebutkan, Ts’ai Lun sangat tertekan setelah kejatuhannya itu, dia kemudian mandi bersih-bersih dan menggunakan gaunnya yang paling indah lantas dia menenggak racun yang berakibat kepada kematiannya. 

Setelah ditemukannya kertas oleh Ts’ai Lun ini, penggunaan kertas meluas di seluruh Cina pada abad ke 2. Dalam beberapa abad kemudian Cina sanggup mengekspor kertas ke Asia. Lama sekali Cina merahasiakan cara pembikinan kertas ini. Kemudian pada tahun 751 M, setelah beberapa tenaga ahli ditawan oleh orang-orang Arab, bangsa Arab mampu membikin kertas dan dalam waktu singkat kertas sudah di produksi di Baghdad dan Samarkand. Teknik pembikinan kertas menyebarkan ke seluruh dunia Arab dan baru pada abad 12 orang-orang Barat mempelajari teknik ini dari orang-orang Arab. 

ditemukannya kertas ini sangat luar biasa besar manfaatnya bagi seluruh manusia. Lebih ringan, lebih praktis, dan sangat ekonomis. Sebelum kertas ini berhasil ditemukan oleh Ts’ai Lun, tulisan dilakukan dipecahan bambu yang dijadikan buku, di atas kulit kambing, lontar dan kain sutera.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/20/2014

0 komentar:

Post a Comment