Home » , » Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Beberapa waktu yang lalu, sebelumnya kita pernah membahas tentang Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Sebagaimana yang kita ketahui  Bank dan LKBB merupakan suatu hal yang berbeda. Satu hal yang membedakannya adalah ia (LKBB) hanya menghimpun dana secara tidak langsung dari masyarakat. Terutama melalui kertas berharga jangka menengah dan panjang dalam bentuk pinjaman / kredit, dan penyertaan.

Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Peranan LKBB

Lembaga keungan bukan bank bertujuan untuk membantu kalangan dunia usaha yang memerlukan tambahan modal. Lembaga ini mempunyai peranan yang sangat besar terhadap kegiatan perekonomian, serperti membantu kalangan dunia usaha dalam peningkatan produktivitas barang dan jasa, memperlancar kegiatan distribusi barang, dan mendorong terbukanya lapangan pekerjaan.

Jenis LKBB

Ada beberapa macam bentuk dari LKBB tersebut, yakni antara lain.

1. Pegadaian

Ini merupakan BUMN yang pada awal pendiriannya ditujukan untuk membantu masyarakat agar terhindar dari jeratan lembaga kredit ilegal. Jadi tugas pokok pegadaian adalah memberi pinjaman kepada masyarakat atas dasar hukum gadai agar masyarakat tidak dirugikan oleh kegiatan lembaga keuangan informal yang cenderung memanfaatkan kebutuhan dana mendesak dari masyarakat. contohnya, lintah darat dan pengijon.
Jasa yang ditawarkan pegadaian pada mayarakat, berupa:
a. pemberian pinjaman atas dasar hukum gadai
b. penafsiran nilai barang
c. penitipan barang
d. jasa lain

2. Asuransi

Perusahaan asuransi bergerak pada usaha penjaminan resiko. LKBB jenis asuransi ini meraup dana dari masyarakat dari sejumlah premi yang ditawarkan kepada masyarakat atas jaminan yang diberikan. Seperti asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, asuransi pendidikan dan asuransi angkutan barang.
 Asuransi ini ada yang milik pemerintah dan ada juga yang murni milik swasta. contoh PT. Asuransi Jiwasraya, PT. Asuransi Jiwa Bersama Bumi Putera, dan Lippo LIfe Insurance.

3. Koperasi

Untuk pembahasan tentang koperasi ini, anda bisa membaca secara lebih lengkap pada link di bawah ini.

a. Istilah-istilah penting dalam koperasi
b. Sejarah Koperasi Indonesia

4. Lembaga Keuangan Lainnya

Selain lembaga keuangan yang telah kita uraikan tadi. Ada juga lembaga keuangan yang bergerak dibidang pembiayaan pembangunan, dan perantara penerbitan dan perdagangan surat-surat berharga. Contoh Lembaga Keuangan Bukan Bank seperti ini, seperti PT Indovest. PT Ficorinvest, dan PT. Danareksa.

Bidang usaha yang di lakukan oleh jenis LKBB di atas, adalah.
a. Menghimpun dan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk surat-surat berharga
b. Memberikan kredit kepada perusahaan yang memerlukan modal
c. Memberikan pembiayaan bagi proyek pembangunan.

Manfaat Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

LKBB memberikan manfaat sesuai dengan produk-produk yang ditawarkannya. Diantaranya empat manfaat berikut.

1. Pegadaian akan memberikan manfaat bagi masyarakat yang memerlukan dana.
2. Perusahaan asuransi akan memberikan manfaat jaminan resiko yang mungkin terjadi sesuai dengan jasa yang ditawarkannya.
3. Koperasi akan memberikan manfaat kepada para anggotanya dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha.
4. Lembaga keuangan lainnya akan memberikan manfaat bagi perorangan atau dunia usaha untuk dapat mengembangkan usahanya.

Demikan uraian singkat saya mengenai Lembaga Keuangan Bukan Bank semoga bermanfaat untuk proses belajar atau mengajar anda. Baca juga materi yang berkaitan dengan ini yang berjudul Pengertian, Tujuan, dan Dasar Hukum LKBB. Terima kasih
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 4/18/2015

2 komentar:

  1. Bagus gan...kunjungi juga blog saya ya...
    http://infotentangbank.blogspot.com
    terima kasih

    ReplyDelete