Home » » Proses Terbentuknya Tanah

Proses Terbentuknya Tanah


Proses Terbentuknya Tanah
Proses terbentuknya tanah berawal dari pelapukan batuan. Batuan lapuk dapat diakibatkan oleh ketiga macam pelapukan, seperti pelapukan kimia, mekanik, dan organisme (yang disebabkan oleh makhluk hidup). 

Proses pelapukan-pelapukan ini menghasilkan timbunan berbagai bahan lepas atau regolith. Bahan lepas ini terdiri-dari serpihan batuan dan penguraian jasad makhluk hidup yang sudah mati.

Kemudian timbunan berbagai bahan lepas (Bahan Induk) ini kemudian juga mengalami proses pelapukan (Proses Pedagonik) yang kemudian pada akhirnya nanti menjadi lapisan tanah.

Dalam proses pembentukan tanah tersebut terdapat lima faktor yang secara bekerjasama baik secara fisik atau kimia. Berikut ini lima faktor tersebut adalah:

1. Iklim. Unsur iklim yang paling berpengaruh adalah suhu dan curah hujan. Suhu dan curah hujan berpengaruh terhadap reaksi kimia dan fisika di dalam tanah. Reaksi ini akan mengakibatkan tanah mengalami pelapukan.

2. Bahan Induk. Bahan ini berupa batuan, mineral-mineral, dan zat organik. Tanah yang memperlihatkan sifat-sifat (terutama kimia) yang sama dengan bahan induknya digolongkan dalam tanah endodynamomorf, adapun yang berbeda dengan sifat asalnya disebut tanah ectodynamomorf.

3. Organisme. Proses pembentukan tanah juga dipengaruhi oleh aktivitas manusia dalam mengolah lahan, aktivitas binatang, dan adanya vegetasi. Contoh pola bercocok tanam pada lahan yang miring dapat mempercepat erosi (pengikisan), Sehingga proses pembentukan tanah terganggu. Cacing dan guguran vegetasi melalui proses penguraian dan dan perombakan dapat mempercepat proses pembentukan tanah.

4. Topografi. Kondisi topografi seperti lereng, kemiringan, dan panjang lereng akan mempengaruhi prsose eksogen seperti erosi, denudasi serta sedimentasi sehingga akan berakibat pada pembentukan jenis tanah yang berbeda.

5. Waktu. Berhubungan dengan lamanya bahan induk mengalami pelapukan dan perkembangan tanah memainkan peranan dalam menentukan pembentukan jenis tanah.

Terima kasih anda telah membaca artikel tentang Proses Terbentuknya Tanah ini. Dan jangan lupa baca juga artikel kami yang berjudul Keunggulan Tanah di Indonesia. Terima kasih. Selamat membaca.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 8/19/2015

0 komentar:

Post a Comment