Home » » Asteroid Batu Angkasa yang Gagal Menjadi Sebuah Planet

Asteroid Batu Angkasa yang Gagal Menjadi Sebuah Planet

Asteroid Batu Angkasa yang Gagal Menjadi Sebuah Planet
Asteroid

Terdapat berjuta planet mengelilingi Matahari, selain sembilan planet sahih yang kita kenal juga terdapat beberapa juta planet kecil yang disebut asteroid. Asteroid disinyalir sebagai batu yang tidak berhasil menjadi planet. Para ilmuwan tidak yakin kenapa hal itu terjadi, tetapi mereka berpikir gravitasi Yupiter yang besar menghempaskan puing di sekitarnya pada berbagai orbit dengan bermacam bentuk, menyebabkan asteroid yang lebih besar bertabrakan dan pecah. Dengan kata lain asteroid ini tidak dapat menyatu menjadi sebuah planet karena besarnya gravitasi Yupiter.

Asteroid merupakan batuan dengan berbagai ukuran, dari sekecil debu hingga yang berdiameter beberapa ratus kilometer. Sebagian besar asteroid mengelilingi Matahari dalam sabuk antara Mars dan Yupiter. Inilah yang disebut sabuk asteroid atau orbit asteroid. Namun terdapat juga kumpulan kecil asteroid yang beredar mengikuti orbit berlainan. Kumpulan kecil ini disebut Trojan, beredar di sepanjang lintasan Jupiter, ada yang di depannya dan ada yang dibelakangnya. 

Adalah Guiseppe Piazzi seorang pendeta dari Sisilia yang pertama kali menemukan asteroid pada bulan Januari 1801. Asteroid pertama ini kemudian diberi nomor urut 1 dan diberi nama Ceres. Sejak itu lebih dari 4.000 asteroid telah ditemukan dan diberi nama. Untuk diketahui bahwa setiap asteroid yang baru ditemukan diurutkan dengan diberi nomor dan kemudian diberi nama mengikuti saran penemunya. Pada tahun 1983 - Asteroid nomor 3200 adalah asteroid yang pertama yang ditemukan oleh pesawat luar angkasa dan dinamakan Phaethon.

Saran untuk dibaca:

Sumber gambar :
https://pixabay.com/en/asteroid-meteorite-impact-meteor-179319/

Terima kasih bagi pemirsa semuanya atas kesempatannya berkunjung di blog ini. Semoga artikel ringkas tentang Asteroid Batu Angkasa yang Gagal Menjadi Sebuah Planet ini dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian dan sekaligus menggugah keinginan Anda sekalian untuk selalu berkunjung ke blog ini.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 9/13/2015

2 komentar: