Home » » Faktor-Faktor Yang Mendasari Perilaku Manusia

Faktor-Faktor Yang Mendasari Perilaku Manusia

Faktor-Faktor Yang Mendasari Perilaku Manusia
Pada dasarnya karekter manusia itu didapat dari warisan kedua orang tuanya (faktor genetika)

Faktor-Faktor Yang Mendasari Perilaku Manusia. Faktor bawaan genetika orang tua merupakan modal tabiat bawaan yang diwariskan kepada anak-anaknya. Ini menandakan karekter anak tidak terbentuk secara tiba-tiba. Sikap dan sifat seorang anak sedikit banyak didapat dari kedua orang tuanya. seperti kata pepatan buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya.

Karekter atau tabiat ini kemudian mengalami proses perkembangan seiring dengan interaksi sosial yang dilakoninya dan kemampuannya menerima nilai-nilai sosial dari luar dirinya baik dari lingkungan keluarga maupun dari lingkungan masyarakat sosialnya, sehingga tampaklah perbedaan yang jelas antara dia dan kedua orang tuanya walaupun sebenarnya bawaan dasar perilakunya dari kedua orang tua kandungnya (genetika orang tua).

Perilaku manusia tidak cukup dipahami dengan apa yang nampak, tidak bisa semerta-merta menyimpulkan watak seseorang dari apa yang dilihatnya. tetapi harus dicari apa yang mendasari perilaku itu. Tidak semua senyum bermakna keramahan, demikian juga tidak semua tindak kekerasan bermakna permusuhan. Mendung bukan berarti hujan, panas bukan berarti hujan tidak akan bisa turun.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat, faktor-faktor apa saja yang mendasari tingkah laku manusia.

1. Keturunan. Ini berarti faktor genetika atau bawaan seorang anak dari kedua orang tuanya. Bukan ayahnya saja juga bukan ibunya saja, akan tetapi gen dari keduanya.

2. Insting atau naluri. Setiap manusia memiliki insting sejak dia lahir. Insting bersifat universal. Misalnya insting untuk bertahan hidup, rasa takut, hasrat seksual dan sebagainya.

3. Lingkungan. Tahukah anda 83% perilaku atau karekter manusia itu dipengaruhi dari hal-hal yang dilihat, 11% oleh hal-hal yang didengar, dan 6% dari berbagai stimulus atau rangsangan. Apa yang saya tuliskan ini berdasarkan sebuah penelitian psikologi. Itulah alasan yang kuat bagi orang tua dalam memperhatikan lingkungan pergaualan anak-anaknya.

4. Motivasi. Tindakan sesorang juga sangat berpengaruh dengan motivasi yang dimiliki oleh manusia. Setiap tingkah laku seseorang didasarkan atas motivasi atau tujuan yang ingin dicapainya. Kita tentu tidak bisa membayangkan seorang yang normal melakukan suatu perbuatan tanpa adanya motivasi yang mendasarinya!

5. Kesadaran. Keinsyafan merupakan kalkulasi psikologis yang berhubungan dengan ketajaman nurani, kuatnya cita-cita, dan kuatnya kehendak. Oleh karena itu keinsyafan itu diperoleh dari adanya pengetahuan atau ilmu. Orang yang bodoh pasti tidak akan pernah insyaf dari kesalahan-kesalahannya.

6. Adat Kebiasaan. Perbuatan yang dibiasakan oleh seseorang secara terus menerus akhirnya menjadi sesuatu yang mudah untuk dilakukan walaupun tanpa disadari sekalipun. Orang yang kasar, kalau belajar keras bersikap sopan santun secara terus menerus maka lama kelamaan sikap kasar itu akan hilang dan sikap sopan akan melekat pada dirinya.

Kesimpulan

Faktor-faktor yang mendasari karekter atau perilaku manusia itu antara lain: faktor keturunan atau genetika, insting, lingkungan, motivasi yang dimiliki, keinsyafan, dan adat kebiasaan.

Demikianlah berakhir sudah artikel saya tentang “Faktor-Faktor Yang Mendasari Perilaku Manusia” semoga bermanfaat untuk kita bersama. Jelajahi dan baca terus artikel-artikel menarik di blog Azanul Ahyan ini! Terima kasih
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 9/18/2015

0 komentar:

Post a Comment