Home » » Kerusakan Lingkungan karena Aktivitas Manusia

Kerusakan Lingkungan karena Aktivitas Manusia

Kerusakan Lingkungan karena Aktivitas Manusia

Kerusakan Lingkungan karena Aktivitas Manusia

Selain kerusakan lingkungan hidup karena proses alam, lingkungan hidup kita juga dapat mengalami kerusakan akibat aktivitas atau ulah manusia itu sendiri dalam memanfaatkan dan menggunakan sumber daya alam.

Beberapa bentuk kerusakan yang disebabkan oleh aktivitas manusia sebagai berikut.
1. Pencemaran Lingkungan
Pencemaran lingkungan adalah peningkatan kadar suatu bahan, zat, atau benda dalam lingkungan akibat ulah manusia, di mana perubahan tersebut berlangsung sedemikian rupa sehingga mengakibatkan ancaman dan gangguan terhadap proses kehidupan manusia atau bahkan makhluk hidup lainnya.

Jenis-jenis pencemaran yang termasuk ke dalam katagori pencemaran lingkungan adalah :
  • Pencemaran udara. Yang diidentifikasi sebagai penyebab dari pencemaran ini adalah asap dari penggunaan kendaraan bermotor, CFC (Chlorofluorocarbon) pada lemari es dan AC, pembakaran hutan, dan bahan bakar fosil, dan lain sebagainya yang dapat mengganggu keseimbangan udara, pemanasan global, dan penipisan ozon.
  • Pencemaran suara. Penyebab suara bising yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor, mobil, kereta api, pesawat udara atau jet. Dan atau suara bising yang dikeluarkan dari tape recorder yang dibunyikan keras-keras. Pencemaran suara dapat menimbulkan terjadinya gangguan jantung, pernapasan, perasaan gelisah, dan gangguan syaraf.
  • Pencemaran Tanah. Sampah-sampah non organik seperti plastik pembungkus dan kaleng bekas adalah sebagai penyebab utama pencemaran tanah. Sampah-sampah non organik tersebut tidak dapat diurai oleh bakteri pembusuk. Akibat yang ditimbulkan adalah hilang atau berkurangnya kesuburan tanah.
  • Pencemaran air. Bahan seperti deterjen, pestisida, minyak dan bahan-bahan kimia lainnya yang tumpah ke air tidak dapat diuraikan oleh air sehingga terjadi pencemaran air. Penyebab lainnya tersumbatnya aliran air oleh sampah. Pencemaran air akan merusak ekosistem perairan.
2. Degradasi Lahan
Bila dalam pemanfaatan alam tidak memperhatikan keseimbangan lingkungan maka terjadilah yang disebut dengan degradasi lahan. Degradasi lahan merupakan proses berkurangnya daya dukung lahan terhadap kehidupan. Contoh degradasi lahan seperti lahan kritis, kerusakan ekosistem laut, dan kerusakan hutan.

3. Kegiatan Penebangan Hutan
Berkurangnya luas hutan dengan cepat sebagai akibat dari penebangan hutan secara liar. Penebangan liar juga akan menyebabkan terjadinya penggundulan hutan sehingga fungsi hutan sebagai tempat resapan air, paru-paru udara dan fungsi-fungsi yang lainnya hilang. Penggundulan hutan berarti juga menambah luas lahan kritis.

Dirujuk dari: LKS Simpati, IPS Terpadu kelas VIII smt I, Grahadi, Surakarta.

Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 10/15/2015