Home » » Strategi Assessment Search

Strategi Assessment Search

Strategi Assessment Search
Sudah lama juga saya tidak pernah memposting artikel tentang metode pembelajaran ini, terakhir kalinya saya menulis tentang Questions Students Have. Oleh karena itu pada postingan kali ini saya akan mencoba menulis tentang Strategi Pembelajaran Assessment Search. Sebagaimana metode-metode pembelajaran yang kita ulas sebelumnya, Assessment Search ini juga merupakan salah satu dari strategi-strategi pembelajaran dalam metode active learning, yang dikemukakan oleh Mel Silbermen

Assessment Search adalah penilaian cepat dalam active learning. Ini merupakan metode yang sangat menarik dalam memberikan tugas materi pelajaran oleh guru secara cepat dan bersamaan, dimana anak didik dilibatkan sejak awal untuk mengetahui masing-masing peserta didik dan belajar dilakukan secara kerja sama. 

Nilai karekter yang ditanamkan pada metode ini adalah nilai tanggung jawab. Karena peserta didik dituntut kesiapannya untuk dinilai setiap saat, tanpa ada persiapan secara khusus bagi siswa untuk diuji. Jadi di sini, siswa dididik secara tidak langsung untuk belajar secara disiplin, mandiri dan siap setiap saat. 

Suyadi, M.Pd.I dalam bukunya Strategi Pembelajaran Pendidikan Karekter, mengemukakan prosedur pelaksanaan metode assesement search bermuatan karekter sebagai berikut :
  1. Bertanyalah kepada peserta didik 3 atau 4 pertanyaan mengenai hal-hal seputar mata pelajaran, baik mengenai pengetahuan dasar, sikap, pengalaman (berkaitan dengan mata pelajaran), latar belakang, dan keinginan atau harapan mereka terhadap mata pelajaran.
  2. membagi peserta didik dalam kelompok-kelompok sesuai dengan pertanyaan yang diajukan. Berikan satu pertanyaan untuk setiap peserta didik. Selanjutnya, mintalah peserta didik tersebut mewawancarai peserta yang lain dalam satu kelompok dan rekam/catat secara ringkas jawaban yang diperoleh.
  3. Jika sudah selesai, panggil seluruh peserta didik dalam sub kelompok yang telah diberikan pertanyaan yang sama. Misalnya, jika dalam satu kelas terdiri dari 30  peserta didik, bagilah menjadi 10 kelompok, sehingga terdapat 3 orang dalam setiap kelompok. Maka 3 orang diantara mereka diberikan pertanyaan yang sama.
  4. Mintalah masing-masing sub kelompok untuk mengumpulkan data mereka dan meringkasnya. Kemudian mintalah masing-masing sub kelompok untuk melaporkan pada seluruh kelas apa yang telah mereka pelajari tentang jawaban dari peserta didik lainnya.
Adapun variasi pengembangan strategi pembelajaran assessment search bermuatan karekter adalah
  1. Mintalah siswa atau peserta didik membuat pertanyaan sendiri. Hal ini dapat membangkitkan kesadaran bertanggung jawab, yakni sikap bersedia menjawab dan bersedia bertanya.
  2. Dengan menggunakan pertanyaan yang sama, pasangkan peserta didik dan perintahkan mereka untuk mewawancarai satu sama lain (variasi ini cocok untuk kelas besar).
Sekian dan Semoga bermanfaat! 


==========================
Refrence:
Buku: Strategi Pembelajaran Pendidikan Karekter
Penuis: Suyadi, M.Pd.I
Penerbit: PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Januari 2013

Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 10/02/2015

0 komentar:

Post a Comment