Home » , » PERUBAHAN SOSIAL PADA AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN

PERUBAHAN SOSIAL PADA AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN

PERUBAHAN SOSIAL PADA AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN

PERUBAHAN SOSIAL PADA AKHIR ZAMAN PERTENGAHAN

Pada beberapa waktu yang lalu, di blog ini telah kita tulis artikel yang kita beri title "Perubahan Ekonomi Pada Akhir Zaman Pertengahan", karena itu penting bagi admin untuk meneruskan artikel tersebut agar pengetahuan kita lebih lengkap tentang perubahan-perubahan yang cukup meluas pada masa-masa akhir dari Zaman Pertengahan, seperti perubahan di bidang ekonomi, perubahan sosial, dan politik. 

Sesudah kita menguraikan perubahan ekonomi pada artikel tersebut, kali ini mungkin kita hanya membahas perubahan-perubahan sosial yang melanda Eropa pada akhir Zaman Pertengahan Tersebut.

PERUBAHAN SOSIAL

Perubahan ekonomi yang terjadi pada waktu itu akan berdampak secara sisgnifikan dengan perubahan-perubahan sosial masyarakat. Kemajuan ekonomi ini terutama kemajuan dalam sektor pertanian dagang dan sektor perusahaan dagang serta berkembangnya pelabuhan membuat sistem feodal yang terjalin ribuan tahun menjadi pudar (merosot).

Golongan rakyat jelata-petani (serf) kini berpeluang membebaskan diri dari belenggu ikatan tuan rumah. Hal ini tentu saja bisa terjadi disebabkan seorang serf (petani) jika terdesak dari tuannya dapat bebas ke pelabuhan dan bekerja sebagai buruh upah.

Apalagi tuan tanah sendri cenderung menyewakan tanah mereka atau mengolah tanah mereka sendiri untuk menghasilkan tanaman dengan menggunakan buruh upah. Ini lebih menguntungkan dari pada memberi tanah kepada golongan serf untuk dikerjakan semata-mata untuk menanam tanaman bahan pokok.

Agar tuan tanah dapat menyewakan tanah, golongan serf perlu terlebih dahulu dibebaskan agar mereka ini menjadi petani bebas yang akan menyewa tanah dan menjual hasil tanaman. Tuan tanah yang menjadi usahawan lebih cenderung menggunakan buruh upahan dan menjalin hubungan kerja semata.

Itulah sebabnya setelah Zaman Pertengahan dan awal zaman modern, golongan serf yang dibebaskan akan menjadi:
  1. Penyewa tanah
  2. Buruh upahan di ladang
  3. Pindah ke pelabuhan dan bekerja sebagai buruh kasar.

Perubahan sosial ini tentu saja juga perubahan sikap dan cara pandang masyarakat terhadap semua perubahan yang terjadi pada masa itu di dalam interaksi mereka ke ranah yang lebih luas.

Demikianlah ulasan singkat yang dapat saya hadirkan tentang Perubahan Sosial pada Akhir Zaman Pertengahan. Postiingan selanjutnya kita akan lanjutkan dengan pembahasan perubahan politik pada waktu itu. Semoga dapat menambah wawasan kita bersama. Terima kasih.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/29/2015

0 komentar:

Post a Comment