Home » » Cara Mendaftar OpenID Komentar

Cara Mendaftar OpenID Komentar

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan mengenai Cara Mendaftar OpenID Komentar, ada baiknya kita mengutip dari wikipedia mengenai pengertian dan kegunaan dari Open Id tersebut. Supaya kita memiliki sedikit gambaran sebelum kita melakukan pendaftaran.

Menurut Wikipedia bahasa Indonesia, Open ID adalah sebuah standar desentralisasi dan terbuka bagi outentifikasi pengguna (user) dan kontrol akses yang memungkinkan pengguna (user) untuk masuk ke berbagai layanan hanya dengan satu identitas digital (ID) yang sama. Dengan demikian, OpenID menggantikan proses login umum yang biasanya. menggunakan sebuah nama pengguna (username) dan kata sandi (password). https://id.wikipedia.org/wiki/OpenID.
 
Jadi kegunaan OpenID secara sederhana dapat kita katakan untuk memberikan komentar pada sebuah blog yang menggunakan pilihan open id di dalam kolom komentarnya. 
Cara Mendaftar OpenID Komentar di StackExchange
Cara Mendaftar OpenID Komentar




1. Masuk ke situs StackExchange Open ID


2. Isikan semua data yang diminta. Gunakan email Gmail anda. Isikan juga pasword baru yang berguna nanti untuk masuk kembali (Jangan lupa catat password OpenID anda!). Setelah selesai lalu klik Send Confirmation Email. Baca juga Cara Membuat Email di Google.
 

3. Selanjutnya buka email anda. Cari email yang dikirim oleh Stack Exchange buka, lalu klik Click Here to Complete your registration on Stack Exchange untuk menyelesaikan pendaftaran anda.
 

4. Kemudian klik Use your own URL To Log In. Setelah itu muncul kode-kode yang di dalamnya terdapat kode dengan kombinasi angka dan huruf. Kodenya mungkin akan seperti di bawah ini.

Cara Mendaftar OpenID Komentar


<link rel="openid2.provider" href="https://openid.stackexchange.com/openid/provider">
<link rel="openid2.local_id" href="https://openid.stackexchange.com/user/656e8463-c5d6-460e-840e-f9435ae0e6dc">

5. Kemudian copy kode yang ada di stack exchange anda tadi ke dalam notepad sebelum dipasang di Edit HTML template blog anda. karena anda perlu sedikit mengedit kode tersebut. Yakni ubah semua tanda petik dua (") menjadi tanda petik satu ('), kemudian berikan juga penutup berupa slash sebelum >, sehingga menjadi />.

6. Kemudian buka blog anda, pilih template lalu klik Edit HTML untuk membuka semua kode yang ada di template blog. Selanjutnya Copy kode yang telah anda edit tadi di notepad lalu tempel di bawah <head>.

7. Untuk lebih sempurnanya anda juga perlu menambahkan kode di bawah ini,

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>

kegunaanya meminimalkan error pada saat memberikan komentar dengan Open ID. Copy kode di bawah ini lalu paste-kan tepat di atas kode tadi. Sehingga penampakan kodenya yang lengkap seperti yang ada di bawah ini.

<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link expr:href='data:blog.homepageUrl' rel='openid.delegate'/>
<link rel=’openid2.provider’ href=’https://openid.stackexchange.com/openid/provider’/>
<link rel=’openid2.local_id’ href=’https://openid.stackexchange.com/user/656e8463-c5d6-460e-840e-f9435ae0e6dc’/>  

Penting: Perhatikan kode di atas pada baris paling bawah bahwa untuk kode kombinasi huruf dan angka tersebut untuk masing-masing pendaftar berbeda kode yang diberikan. Jadi pastikan kode yang anda pasang adalah kode milik anda yang terdapat di StackExchange di atas. 
 
8. Terakhir klik simpan template anda. Selamat sekarang anda dapat berkomentar dengan menggunakan Open Id dengan cara lebih baik!

Akhirnya berakhir sudah Cara Mendaftar OpenID Komentar dan terima kasih telah membaca tips dan trik ini. Semoga bermanfaat!
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/28/2015

0 komentar:

Post a Comment