Home » » CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP YANG BENAR

CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP YANG BENAR

CARA MERAWAT BATERAI LAPTOP YANG BENAR
Kali ini saya akan mencoba untuk memberikan tips tentang cara merawat baterai laptop yang benar. Tips ini saya dapatkan dari berbagai sumber setelah melakukan browsing beberapa waktu yang lalu. Saya kemudian mencoba memadukan artikel-artikel tersebut, kemudian saya tuangkan dalam tulisan saya di blog ini. 


Inilah tips dan cara yang saya anggap benar dalam merawat baterai laptop anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memiliki baterai laptop yang tahan lama. Baca Juga: Cara Sederhana dan Ampuh Meningkatkan Kinerja Komputer.
Langsung saja ikuti cara merawat baterai kaptop berikut ini.
  1. Jika baterai laptop anda masih baru belum terpakai sama sekali atau kondisi laptop baru dibeli. Lakukanlah battery charging (pengisian baterai) terlebih dahulu dalam keadaan laptop mati. Isi baterai sampai 100% full. Tandanya full baterai biasanya warna led (lampu) berubah menjadi hijau atau otomatis mati.
  2. Jangan letakkan laptop pada alas yang lunak seperti bantal atau kasur, karena akan menyebabkan baterai menyerap panas yang keluar dari bantal sehingga menyebabkan baterai menjadi sangat panas.
  3. Perhatikan tegangan listrik yang anda gunakan. Jangan men-charge baterai jika kondisi listrik tidak stabil, misalnya turun naik tegangan listrik. 
  4. Jika Laptop anda dilengkapi kemampuan swich maka ketika baterai penuh langsung dialihkan ke daya adaptor (pengisian baterai otomatis terputus). Tetapi jika tidak maka anda boleh menggunakan laptop tanpa baterai karena semakin sering baterai dicharge maka semakin pendek masa pakai baterai.
  5. Kurangi intensitas cahaya yang anda gunakan dengan mengatur brightness dan contras. Jangan terlalu terang karena hal itu membutuhkan daya yang sangat banyak.
  6. Lakukan defrag hard disk secara berkala, sehingga kinerja hardisk baik yang efeknya mengurangi daya baterai yang dikeluarkan.
  7. Non aktifkan bluetoot dan wifi ketika tidak diperlukan dan jangan menggunakan screen saver karena hal itu sama dengan menonton video. Dan jangan pula menggunakan perangkat eksternal secara berlebihan, misal hard disk eksternal, flashdisk (lebih baik isi yang ingin dibuka dipindahkan lebih dahulu ke laptop anda), juga mouse nirkabel atau mouse yang dihubungkan dengan bluetoot dan perangkat eksternal lainnya. Karena semua itu bisa menyebabkan baterai semakin payah.
  8. Jangan sering-sering memutar film atau musik dengan menggunakan CD Room. Kinerja CD Room tersebut sungguh memerlukan daya baterai yang sangat besar.
  9. Harus dihindari penggunaan baterai sampai 0%. Minimal gunakanlah sampai 10% kemudian di charge. 
  10. Kalau kebetulan anda sedang menggunakan laptop kemudian tiba-tiba ada keperluan anda, jangan menggunakan mode sleep atau standby tetapi biasakan menggunakan mode hibernate.
  11. Bersihkan kontak baterai secara berkala setiap bulan dengan menggunakan kain lembut yang dibasahi alkohol.
Demikianlah tips tentang cara-cara merawat baterai laptop dengan benar supaya tahan lama. Sekali lagi semoga bermanfaat!
Baca: Cara Memperbaiki baterai laptop
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/02/2015

0 komentar:

Post a Comment