Home » » Kunci Sukses dalam Pergaulan

Kunci Sukses dalam Pergaulan

Kunci Sukses dalam Pergaulan




Kunci Sukses Pergaulan. Mungkin anda setuju dengan saya, pergaulan membutuhkan pengorbanan, kerelaan hati, keikhlasan, rasa simpati dan empati. Kemajuan teknologi yang begitu pesat akhir-akhir ini dan yang akan datang mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam memandang dan menilai seseorang, akibatnya berpengaruh pula pada pola tingkah laku dan karekter masing-masing individu. Pada zaman ini akan banyak kita jumpai dua pribadi yang saling bertolak belakang. Yang pertama kita jumpai pribadi-pribadi tertutup yang lebih menyukai hidup dalam sangkar mas yang dia bangun, dan yang kedua kita jumpai pribadi-pribadi yang aktif dan dinamis yang membuka kran pertemanan yang cukup lebar. (Baca : Dasar Sukses dalam Pergaulan).


Sebagai makhluk sosial tentu saja kita tidak bisa lepas dari orang lain, apa pun alasannya kita tidak bisa tidak membutuhkan orang lain dan juga tidak akan lepas dari pengamatan dan penilaian orang lain. Zaman teknologi ini merupakan zaman yang penuh ujian bagi kemakhlukan sosial kita. Kalau tidak berhati-hati menyikapi hal ini, maka orang akan mudah sekali tergerus oleh zaman. Kesuksesan yang besar akan didapatkan oleh orang yang sangat luas pergaulannya. Ya, pergaulan adalah intinya, otak dari semua kesuksesaan itu sendiri.

Nabi kita Nabi Muhammad saw. pernah berkata yang kurang lebih artinya sebagai berikut:

"Silaturrahmi menyebabkan panjangnya umur dan menyebabkan bertambah luasnya rizki".

Silaturrahmi akan tebangun dengan baik jika kita memiliki banyak sahabat. Dengan silaturrahmi atau saling kunjung mengunjungi bisa semakin mendekatkan antara keluarga dan antara sahabat. Dengan kata lain silaturrahmi akan mampu membangun persahabatan atau pergaulan yang lebih baik dan lebih luas. Dengan melakukan silaturrahmi pula persahabatan akan menjadi langgeng. Tapi ketahuilah, silaturrahmi bukan awal dari sebuah pergaulan karena bagaimanapun ia tidak akan bisa terwujud jika anda tidak memiliki saudara apalagi tidak mempunyai teman.

Untuk itu buatlah jalinan pertemanan, bangunlah pergaulan anda semenjak sekarang. Mungkin bagi sebagian orang akan kesulitan dalam melakukan semua itu, walaupun sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya yang perlu kita lakukan adalah membuang ego yang begitu besar, membuang rasa khawatir yang berlebihan, dan berhenti memandang diri lebih tinggi dari orang lain. Untuk lebih jelasnya, saya akan mengajak kita semua untuk menanamkan sifat-sifat positif yang harus ada pada diri kita untuk membangun pergaulan dan persahabatan yang luas, yang saya namakan kunci sukses dalam pergaulan.

Selalu biasakan diri berpikir positif tentang orang lain 

Berpikir positif akan mencegah anda untuk mengorek-ngorek kelemahan dan kesalahan orang lain. Ketahuilah tidak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini, termasuk anda sendiri. Dan tidak ada seorang pun yang cacat seluruhnya, juga termasuk anda sendiri. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri. Hikmah semua ini adalah supaya bisa saling melengkapi satu dengan lainnya. Jika anda masih berpikir negatif terhadapa orang lain, itu artinya anda menuntut kesempurnaan yang semu, kesempurnaan yang tidak akan pernah terjadi pada setiap orang, karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah semata. Karena itu biasakanlah diri untuk selalu berpikir positif kepada orang lain.

Membicarakan yang baik tentang hal orang lain

Kalau kita berpikir positif, maka otomatis kata-kata yang akan keluar dari lisan kita adalah kata-kata yang baik, kata-kata yang menyenangkan bukan kata-kata palsu yang menjilat.

Senang memberikan bantuan kepada orang lain

Jauhkanlah sikap acuh tak acuh terhadap orang lain, karena kalau anda melakukan hal yang demikian maka anda tidak akan pernah bisa memenagkan orang lain. Selalu sediakan diri anda mengulurkan tangan kepada orang lain terutama yang membutuhkan bantuan anda. Memberikan bantuan tidak selalu berupa materi, walaupun hal ini lebih mengena, lebih-lebih jika diberikan dengan sikap yang baik tanpa merendahkan. Memberikan bantuan juga dapat anda berikan dengan senyuman dan keramah tamahan anda, selalu berusaha menepati janji dan memberikan perhatian kepada lawan bicara. Begitu gampang dan murahkan, kenapa kita tidak mencoba untuk melakukannya?

Perbanyak macam-macam minat yang sama dengan orang-orang lain

Seringkali orang tidak bisa masuk ke dalam suatu komunitas, disebabkan tidak memiliki hobby atau minat yang sama dengan suatu komunitas. Jadi sekarang sudah saatnya anda mulai menyukai berbagai macam minat yang positif agar dapat bergaul secara luas dengan orang lain. Anda tidak perlu terjun untuk menggeluti minat yang mahal yang tidak akan mampu anda menggapainya, yang penting carilah minat yang sesuai dengan anda, tidak mahal tapi banyak yang menggemarinya. Kalau anda sudah memiliki minat pada suatu bidang maka anda akan semakin paham dan mudah berkomunikasi dengan orang yang sama dengan minat anda.

Mampu beradaptasi dengan orang lain di mana saja

Pernahkah anda berhadapan dengan seseorang yang terlalu banyak bicara dan ingin memonopoli pembicaraan? Kalau pernah, saya bisa pastikan anda pasti mudah bosan dan jengkel kepada orang itu. Inilah pribadi yang tidak disukai orang lain, pribadi yang tidak mampu beradaptasi terhadap orang lain. Orang-orang yang tidak mampu beradaptasi merupakan orang yang ingin mengagungkan diri sendiri, tidak peduli dan tidak memiliki tenggang rasa, serta ingin menang dan senang sendiri.

Usahakan selalu bersikap wajar

Bersikap wajar artinya tidak berlebihan-lebihan dalam menyikapi sesuatu, tidak memiliki tingkah laku yang dibuat-buat, tidak berpakaian dan berbicara yang tidak sesuai dengan dirinya. Pendeknya segala yang menyimpang dari kepribadiannya disebut dengan sikap tidak wajar. Untuk menjadi pribadi yang bersikap wajar adalah menerima segala apa yang dianugerahkan Allah kepadanya, baik berupa kekurangan maupun kelebihannya. Jadilah diri sendiri atau be your self!

Tampilah selalu dengan air muka yang menyenangkan

Hal ini pastinya tidak selalu mudah untuk dilakukan terutama ketika kita berhadapan dengan kondisi yang yang tidak menyenangkan atau menjengkelkan atau kondisi-kondisi lain yang tidak kita inginkan. Itu memang wajar tapi kita tidak mesti berlama-lama dalam rasa yang kita tidak sukai itu, karena hal itu kelihatan sangat buruk yang nampak pada roman muka alias ekspresi anda tidak enak untuk dipandang. Sama saja halnya dengan orang-orang yang lesu, suram, kusut dan pesimis. Ok, untuk itu mari berusahalah untuk selalu bersikap riang, bersemangat, optimis, banyak ketawa, dengan demikian akan bangkit energi yang positif yang akan mampu menyemangati lingkungan anda dan akibatnya tentu saja anda akan menjadi pribadi yang disukai oleh banyak orang.


 


Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 12/31/2015

8 komentar:

  1. mantap mas kunci suksesnya kalo begitu mas biar sukses marilah kita jalin tali silaturahmi mas. sehingga yang lain-lainnya bisa mengikuti.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas komentarnya! Oke..

    ReplyDelete
  3. Orang sukses itu sebenarnya tidak menyukai apa yang mereka lakukan, tapi karena mereka bertekad untuk sukes, maka tetap dilawan dan bekerja keras dari siang hingga malam. Kesehatan88.com

    ReplyDelete
  4. Pantengin juga ni gan,isi nya tullisan dari apa yang terpintas dri pikiran saya dan kata2 asli dari saya : http://dou-ble.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  5. Gimana saya bisa sucses bergaul mas setiap yg mendekatin saya bawaannya mau ngutang aja ujung2nya putusla hubungan pergaulan..krn ga pernah mau bayar hutang..gimana tuh mas cara mengatasinya..capek dech

    ReplyDelete
  6. Gimana saya bisa sucses bergaul mas setiap yg mendekatin saya bawaannya mau ngutang aja ujung2nya putusla hubungan pergaulan..krn ga pernah mau bayar hutang..gimana tuh mas cara mengatasinya..capek dech

    ReplyDelete