Home » » Isi Pertemuan Tiga Tokoh Indonesia dengan Terauchi

Isi Pertemuan Tiga Tokoh Indonesia dengan Terauchi

Isi Pertemuan Tiga Tokoh Indonesia dengan Terauchi - Pada tanggal 7 Agustus 1945 Jepang membubarkan BPUPKI dan sebagai gantinya pada hari itu juga diumumkan pembentukan PPKI. Untuk keperluan pelantikan anggota PPKI, maka Jenderal Terauchi selaku panglima armada Jepang untuk Asia Tenggara memanggil tiga tokoh penting Indonesia, yaitu Soekarno, Moh. Hatta dan Radjiman Wediodiningrat ke Dalat, Vietnam, pada tanggal 9 Agustus 1945. Maka pada hari itu anggota PPKI secara resmi dilantik secara simbolik oleh Jenderal Terauchi.

Jepang melalui Jenderal Terauchi mengatakan pada tiga tokoh Indonesia eks anggota BPUPKI bahwa pemerintah Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia dan proklamasi kemerdekaan dapat dilaksanakan dalam beberapa hari, tergantung cara kerja PPKI. Pada kesempatan itu, Jepang menegaskan akan memberikan kemerdekaan bagi Indonesia pada tanggal 24 Agustus 1945.

Pada pertemuan dengan ketiga tokoh nasional tersebut, Jenderal Terauchi menyampaikan hal-hal berikut:
  1. Pemerintah Jepang memutuskan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.
  2. Untuk melaksanakan kemerdekaan dibentuk PPKI sebagai pengganti BPUPKI
  3. Pelaksanaan kemerdekaan segera dilakukan setelah persiapan selesai dilakukan dan secara berangsur-angsur dari Pulau Jawa, baru disusul oleh pulau lainnya.
  4. Wilayah Indonesia akan meliputi seluruh bekas wilayah Hindia Belanda.
  5. Pada tanggal 7 Agustus 1945 diumumkan pembentukan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Inkai. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno dan Wakil Ketua Drs. Moh. Hatta.
Pada tanggal 14 Agustus 1945 Ir, Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Dr. KRT. Radjiman Wediodinigrat pulang ke tanah air. Berlanjut ke PPKI.

Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 1/13/2016

0 komentar:

Post a Comment