Home » » Konsumsi Memakai Menikmati

Konsumsi Memakai Menikmati

Konsumsi Memakai Menikmati
Pesawat tempur su-35 satu contoh konsumsi yang dilakukan pemerintah

Judulnya mungkin sedikit mengada-ada atau mungkin dianggap berlebihan, tiga kata dengan pengertian yang sama dirangkai dalam satu kalimat. Tapi judul ini (konsumsi memakai menikmati) memang sengaja saya pilih dengan maksud supaya pembahasan yang akan saya sampaikan mudah untuk diingat dan dipahami, mengingat materi ini saya tujukan untuk anak usia sekolah menengah pertama.

Konsumsi


Seorang ibu pergi ke toko pakaian membeli baju baru untuk anak gadisnya. Kemudian si ibu pulang dan memberikan baju itu kepada anaknya. Remaja putri itu begitu senang lalu mengenakan baju tersebut. Si Aunul lain lagi, dia begitu menikmati bakso pemberian ibunya.

Dari contoh di atas, maka kata-kata seperti membeli, memakai atau mengenakan, makan dan menikmati adalah kata lain dari kata konsumsi. Yaitu mengkonsumsi sesuatu untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan. Masih dari contoh tadi, sifat dari barang yang dikonsumsi tersebut dibedakan atas barang langsung habis, makanan misalnya dan barang yang tidak langsung habis bila digunakan tapi nilainya lama kelamaan akan berkurang dan habis jika sering digunakan, seperti pakaian tadi.

Jadi, apakah yang dimaksud dengan konsumsi?

Konsumsi adalah kegiatan memakai, menggunakan, menikmati, menghabiskan dan mengurangi nilai barang atau jasa guna memenuhi dan memuaskan kebutuhan.

Orang yang melakukan konsumsi disebut konsumen dan orang yang suka berbelanja barang konsumsi disebut konsumtif. Ingat konsumtif itu adalah perilaku yang tidak baik karena menandakan pelakunya sebagai orang yang boros. Untuk mencegah sifat boros ini, buatlah skala prioritas artinya urutkan pembelian barang dan jasa sesuai dengan tingkat kepentingaannya. Beli barang sesuai dengan kebutuhan dan jangan membeli barang hanya karena keinginan.

Siapa saja melakukan konsumsi?

Tentu saja konsumsi dapat dilakukan oleh siapa saja,  baik oleh orang per-orang, rumah tangga, badan atau perusahaan maupun pemerintah. Jenis barang yang dikonsumsi pun berbeda pula karena berbeda kebutuhan. misalnya, konsumsi yang dilakukan oleh perorangan yaitu membeli barang keperluan pribadi, Rumah tangga membutuhkan bahan untuk makan siang, perusahaan membutuhkan bahan baku dan pemerintah konsumsi yang dilakukan dengan membeli pesawat tempur SU-35 untuk menjaga kedaulatan negara.


Tentu dengan membaca artikel di atas tentunya anda sudah punya kesimpulan yang tepat tentang konsumsi ini, bukan?

Baiklah cukup dulu pembahasan kita mengenai konsumsi ini. Lain kali mungkin saya akan menambahkan pembahasan ini pada artikel yang berbeda. Terima kasih untuk keluangan waktunya mengunjungi dan membaca artikel di blog ini. Bye…
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 1/30/2016

0 komentar:

Post a Comment