Home » » Penerapan Metode Active Knowledge Sharing

Penerapan Metode Active Knowledge Sharing

Penerapan Metode Active Knowledge Sharing
Strategi pembelajaran dengan metode active knowledge sharing (saling tukar pengetahuan) sangat bagus untuk membangkitkan minat peserta didik di menit-menit pertama pembelajaran. Metode ini juga cukup baik digunakan untuk mengukur tingkat pengetahuan siswa mengenai yang hendak dibahas. Rasa ingin tahu, gemar membaca, dan komunikatif merupakan nilai karekter yang bisa dicapai dengan penerapan metode Active Knowledge Sharing tersebut.

Prosedur yang digunakan dalam menerapkan metode Active Knowledge Sharing ini, adalah:

1. Mempersiapkan beberapa pertanyaan tentang materi yang akan dibahas.

Guru hendaknya sudah mempersiapkan daftar beberapa pertanyaan berkaitan dengan tema pelajaran yang akan dijelaskan di depan peserta didik. Buatlah pertanyaan berupa atau tentang:
  • kata-kata yang akan didefinisikan
  • Pertanyaan dalam bentuk pilihan “benar dan salah” tentang fakta-fakta atau konsep. Misal: Meningkatnya permintaan suatu barang akan berakibat pada naiknya harga barang tersebut: a. benar; b. salah. Petanyaan juga dapat berbentuk pilihan ganda.
  •  Tokoh-tokoh atau ahli-ahli yang harus dapat dikenali oleh peserta didik
  • Aksi-aksi yang dapat dilakukan oleh seseorang (tokoh) dalam memecahkan satu atau beberapa masalah. Biasanya pertanyaan di awali dengan kata “bagaimana”. Contoh: Bagaimana Adam Smith merumuskan dasar-dasar teori ekonomi kapitalis?
  • Meminta peserta didik untuk melengkapi kata atau kalimat dari pertanyaan-pertanyaan yang sengaja dibuat tidak lengkap. Misal: …….. adalah bagian terkecil dari sebuah benda.
2. Arahkan siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas dengan baik

3. Dorong peserta didik untuk bertanya kepada temannya yang lain mengenai soal-soal yang tidak mampu untuk dijawab dan dorong juga mereka untuk saling membantu satu sama lain.

4. Kemudian ulas atau bahas jawaban-jawaban dari para peserta didik tadi, dan isi jawaban untuk pertanyaan yang tidak mampu dijawab oleh para siswa. Selanjutnya ulasan-ulasan ini, digunakan sebagai informasi untuk memperkenalkan topik-topik penting pada mata pelajaran yang bersangkutan.

Penerapan strategi pembelajaran dengan metode active knowledge learning tersebut dapat juga dilakukan dengan cara dan langkah-langkah berikut ini:

1. Bagikan satu lembar kartu indeks kepada masing-masing peserta didik, di mana masing-masing peserta didik diminta untuk mengisi kartu tersebut dengan berbagai informasi yang diketahui berkaitan dengan materi yang dibahas. Setelah itu minta siswa bertukar kartu dengan siswa yang lain untuk mencocokkan dan membahas jawaban mereka dan meminta mereka menulis informasi baru yang didapatkan dari jawaban temannya. Selanjutnya guru membahas informasi yang berhasil dikumpulkan tersebut.

2. Berikan pertanyaan bersifat opini dan bukan pertanyaan faktual. Atau kalau guru ingin juga memberi pertanyaa faktual, sebaiknya gabungkan pertanyaan faktual dengan pertanyaan opini, sehingga nalar dan pemahaman siswa lebih terarah.

Silahkan anda baca juga: Metode-Metode Pembelajaran Aktif

Demikian pembahasan kita kali ini tentang Penerapan Metode Active Knowledge Sharing. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 1/01/2016

0 komentar:

Post a Comment