Home » » ASEAN

ASEAN

ASEAN



ASEAN


Association of South East Asian Nation atau yang biasa disingkat dengan ASEAN merupakan salah satu bentuk kerja sama ekonomi bagi negara-negara yang berada di regional (kawasan) Asia Tenggara. Organisasi bagi negara-negara di Asia Tenggara ini, didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok Thailand berdasarkan Bangkok Declaration atas prakarsa Indonesia (Adam Malik), Filiphina (Narsico Ramos), Thailand (Thanat Khoman), Malaysia (Tun Abdul Rajak), dan Singapura (S. Rajaratnam).

Negara-negara anggota melaksanakan rapat umum setiap satu tahun sekali pada bulan November. Kantor Sekretaris Jendral (Sekjen) ASEAN terletak di jalan Sisingamaraja 70A Jakarta Selatan, Indonesia. Masa jabatan sekjen selama 4 tahun. Sekjen ASEAN saat ini Le Luong Minh dari Vietnam yang menjabat sejak tanggal 1 Januari 2013 sampai 31 Desember 2017.

Pada awal pendiriannya jumlah anggotanya hanya 5 negara pemrakarsa atau pendiri di atas, Namun pada perkembangan selanjutnya jumlah negara yang menjadi anggota ASEAN sebanyak 10 negara di Asia Tenggara. Sementara itu satu negara Asia Tenggara Timor Leste belum bisa diterima sebagai anggota sejak pengajuan dirinya menjadi anggota di tahun 2009, karena adanya protes dari beberapa negara ASEAN, seperti Myanmar. Timor Leste diberi status  sebagai pemerhati (observer). Dengan demikian negara-negara anggota ASEAN adalah:
  1.  Indonesia
  2. Malaysia
  3. Thailand
  4. Singapura
  5. Filipina
  6. Brunai Darussalam (masuk menjadi anggota pada tanggal 7 Januari 1984)
  7. Vietnam (28 Juli 1995)
  8. Laos (23 Juli 1997)
  9. Myanmar (23 Juli 1997)
  10. Kamboja (16 Desember 1998)

Latar Belakang Terbentuknya ASEAN


Adapun yang menjadi latar belakang terbentuknya Organisasi Regional ASEAN ini sebagai berikut:

  • Persamaan Letak Geografis


Persamaan letak geografis merupakan salah satu faktor utama dari alasan terbentuknya organisasi kerja sama ini. Semua negara yang menjadi anggota ASEAN terletak di antara 2 benua yakni benua Asia dan Benua Australia, serta terletak di antara 2 samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Karena lantaran letak geografis ini pula yang menyebabkan Papua Nugini (PNG) tertolak menjadi anggota permanen ASEAN walaupun negara tersebut berkeinginan kuat untuk masuk sebagai anggota. PNG hanya sebagai pengamat sejak 1976.

  • Persamaan Dasar Kebudayaan


Adanya persamaan dasar kebudayaan masyarakat hampir di semua negara-negara Asia Tenggara, baik menyangkut bahasa, tata kehidupan dan pergaulan yang bersumber dari kebudayaan Melayu Austronesia. Sehingga negara-negara di Asia Tenggara adalah negara-negara serumpun.

  • Persamaan Nasib


Tumbuhnya rasa kesetiakawanan antar negara-negara di Asia Tenggara karena perasaan senasib sebagai negara-negara yang pernah mengalami masa-masa kelam di zaman penjajahan, yaitu sama dijajah oleh bangsa barat (Eropa), kecuali Thailand yang tidak pernah mengalami penjajahan.

  • Persamaan Kepentingan


Memiliki kepentingan yang sama sebagai jalur utama lalu lintas perdagangan dunia terutama Selat Malaka dan Selat Sunda sebagai pintu gerbang barat. Kepentingan lain yang menjadi alasan berdirinya ASEAN ini adalah kepentingan bersama pada bidang ekonomi, sosial, budaya dan kepentingan untuk bersama-sama menciptakan dan menjaga keamanan dan stabilitas politik kawasan.

Tujuan ASEAN


Tujuan ASEAN adalah mewujudkan kerja sama dibidang ekonomi, sosial, kebudayaan, dan pendidikan pada negara anggotanya, di antaranya sebagai berikut:
  1. Mempercepat perumbuhan ekonomi dan kemajuan sosial budaya di kawasan Asia Tenggara.
  2. Menciptakan keamanan dan perdamaian di kawasan Asia Tenggara.
  3. Membantu memecahkan permasalahan yang terjadi di kawasan Asia Tenggara.
  4. Meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi di kawasan Asia Tenggara.
 
Untuk menjalankan tugasnya, ASEAN membentuk komite sebagai berikut:
  1. Komite Bahan Makanan, Pertanian, dan Kehutanan (Committee on Food Agricultural and Forest, disingkat CFAF) yang berkedudukan di Indonesia.
  2. Komite Perdagangan dan Pariwisata (Committee on Trade and Tourism, disingkat COTT) yang berkedudukan di Singapura.
  3. Komite Keuangan dan Perbankan (Committee on Finance and Banking, disingkat COFB) yang berkedudukan di Thailand.
  4. Komite Industri, Perdagangan, dan Energi (Committee on Industry, Mining and Energy, disingkat COIME) yang berkedudukan di Philipina.
  5. Komite Transportasi dan Komunikasi (Committee on Transportation and Communication, disingkat COTAC) yang berkedudukan di Malaysia.
  6. Komite Kebudayaan dan Informasi (Committee on Cultural and Information).
Dalam perjalanannya dalam bidang perdagangan di negara-negara Asean kurang menggembirakan dan lambat, maka dalam KTT Asean ke IV di Singapura tanggal 27-28 Januari 1992, telah ditandatangani Skema Agreement on Common Effective Preferenctial Tariff (CEPT) yaitu merupakan skema CEPT untuk AFTA.

Prinsip Utama ASEAN


Adapun prinsip-prinsip utama yang menjadi pegangan para negara anggota ASEAN adalah sebagai berikut:
  1. Menghormati kemerdekaan, kedaulatan, kesamaan, integritas wilayah nasional, dan identitas nasional setiap negara.
  2. Hak untuk setiap negara untuk memimpin kehadiran nasional bebas daripada campur tangan, subversif atau koersi pihak luar.
  3. Tidak mencampuri urusan dalam negeri sesama negara anggota.
  4. Penyelesaian perbedaan atau perdebatan dengan damai.
  5. Menolak penggunaan kekuatan yang mematikan.
  6. Kerjasama efektif antara anggota
(Dari berbagai Sumber)

Semoga artikel tentang ASEAN ini dapat menjadi acuan yang cukup berharga bagi anda dalam proses kegiatan belajar dan mengajar ketika membahas materi yang sama. Jangan lupa kunjungi terus blog ini untuk mendapatkan refrensi yang lainnya.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 4/10/2016

0 komentar:

Post a Comment