Home » » Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kerja Sama Ekonomi Internasional

Kerja sama Ekonomi Internasional


Masing-masing negara memiliki tingkat ketergantungan yang berbeda-beda yang disebabkan oleh perbedaan geografi, sumber daya alam, sumber daya manusia, iklim dan sebagainya. Apalagi dalam era globalisasi saat ini orang semakin paham bahwa tidak ada satu negara pun yang bisa menghasilkan atau membuat sendiri segala sesuatu yang dibutuhkan. Suatu negara tidak bisa menutup diri dari negara lain. Tiap negara memerlukan untuk menjalin kerja sama dengan negara lain, tidak terkecuali dalam kerja sama ekonomi internasional.

Apakah yang dimaksud dengan kerja sama ekonomi internasional? Kerja sama ekonomi internasional adalah suatu kerjasama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Kerjasama ini dapat terjadi dengan melibatkan dua negara (bilateral) atau lebih (multilateral).

Tujuan kerja sama ekonomi internasional secara gamblang dapat kita katakan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada negara-negara yang melakukan kerja sama. Tujuan ini dapat dicapai melalui kerja sama di berbagai bidang seperti ekspor impor atau perdagangan, pembangunan nasional, memperluas lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan sebagainya. Adapun sarana untuk mencapai tujuan itu adalah berbagai macam bentuk organisasi kerja sama baik yang bersifat bilateral maupun multilateral, di kawasan regional maupun internasional.

Secara rinci, kerja sama ekonomi internasional bertujuan sebagai berikut.


a. Mencukupi kebutuhan dalam negeri


Seperti yang telah kita jelaskan di atas, tidak ada satu negara pun yang memiliki semua barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan warga negaranya. Negara yang memiliki kelebiha produk tertentu dapat menjualnya ke nagara lain yang mengalami kekurangan atau tidak memiliki produk tersebut. Sehingga semua negara dapat memperoleh barang yang dibutuhkan.

b. Meningkatkan produktivitas dalam negeri


Dengan melakukan kerja sama ekonomi dengan negara lain, suatu negara bisa memperoleh bahan produksi yang belum dimiliki. Sumber-sumber produksi yang tidak terdapat di dalam negeri bisa diimpor dari luar negeri. Dengan demikian, produksi di dalam negeri menjadi lebih lancar sehingga produktivitasnya meningkat.

c. Memperluas lapangan kerja


Kerja sama ekonomi internasional membuat ketercukupan sumber-sumber produksi yang semula tidak dimiliki oleh suatu negara. Oleh karena ketercukupan sumber-sumber produksi maka proses produksi bisa berjalan. Hal ini dapat menciptakan lapangan kerja.

d. Meningkatkan pendapatan negara melalui ekspor


Ekspor terjadi karena adanya permintaan barang dan jasa dari negara lain kepada suatu negara. Selisih harga jual barang yang di ekspor dengan biaya-biaya barang atau jasa tersebut cukup besar, sehingga negara pengekspor memperoleh keuntungan yang besar yang akan berimbas kepada meningkatnya pendapatan.

e. Memperkuat rasa persahabatan


Terjalinnya kerja sama antar suatu negara dapat menjadi sebab semakin eratnya hubungan persahabatan dua negara atau lebih yang melakukan kerja sama tersebut. Hal ini didasari oleh kesadaran bahwa mereka saling membutuhkan. Eratnya hubungan ini diterjemahkan dalam bentuk-bentuk bantuan kemanusian, sosial, pertukaran pelajar, dan lain sebagainya.

Demikianlah semoga artikel tentang Kerja Sama Ekonomi Internasional di atas dapat bermanfaat bagi kita dalam upaya menambah khazanah pengetahuan kita.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 4/05/2016

0 komentar:

Post a Comment