Home » , » Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi

Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi

Masihkah kalian ingat meliputi apa saja keunggulan lokasi Indonesia itu? Kalau tidak silahkan baca kembali postingan-postingan sebelumnya yang membahas masalah ini di blog ini. Untuk memudahkan menelusurinya nanti akan saya usahakan mencantumkan link-linknya di bawah. Ok. Setelah kita mengetahui apa saja keunggulan lokasi Indonesia, sekarang mari kita bahas pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi.

Kegiatan Ekonomi

Apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Coba kalian perhatikan kondisi pasar, apa saja aktivitas yang bisa kalian lihat di pasar? tentu kamu akan melihat orang ramai yang sedang melakukan transaksi. Orang-orang tadi ada yang sebagai pedagang, pembeli, perantara, pengangkut barang, ada yang lagi mengesol sepatu, menjahit, ada barang dagangan, dan sebagainya. Semua kejadian tadi adalah gambaran umum dari kegiatan ekonomi yang sedang berlangsung.
Jadi, kegiatan ekonomi adalah segala aktivitas manusia untuk memenuhi semua kebutuhannya baik berupa penghasilan, keuntungan, barang dan jasa yang saling terikat dan tergantung dengan orang lain.
Ya, supaya lancar manusia dalam segala hal tidak akan mungkin bisa melakukannya sendiri-sendiri pasti akan membutuhkan orang lain, termasuk dalam memenuhi kebutuhan ekonominya.

Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi

Dari gambaran di atas, maka kegiatan ekonomi secara garis besar terdiri dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Ketiganya memiliki hubungan yang sangat erat dan saling bergantung atau terkait.  Mata rantai dari ketiga kegiatan ekonomi dapat kamu pahami dengan cara membaca uraian berikut. Produksi memerlukan adanya distribusi dan konsumsi. Artinya kegiatan produksi tanpa kegiatan distribusi dan konsumsi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Kegiatan distribusi tidak mungkin ada tanpa adanya barang yang diproduksi dan yang mengonsumsi barang tersebut. Kegiatan konsumsi tidak akan terlaksana kalau tidak ada yang memproduksi barang dan yang mendistribusikan barang tersebut.


Untuk memahami apa yang dimaksud dengan kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Anda bisa membaca artikel saya yang berjudul : Peran Pemerintah Sebagai Pelaku Ekonomi.

Sekarang kita bahas pengaruh Keunggulan lokasi Indoenesia terhadap kegiatan Ekonomi. Untuk itu silahkan diperhatikan dan dipahami uraian di bawah.

A. Pengaruh Keunggulan Iklim Terhadap Kegiatan Ekonomi


Indonesia memiliki iklim muson tropis dengan dua musim yang selalu silih berganti per enam bulan, yakni musim penghujan dan musim kemarau. Akibat dari dua musim tersebut berdampak pada ketersediaan air yang cukup dengan curah hujan yang tidak terlalu besar. Di samping itu cahaya matahari melimpah sepanjang tahun karena keberadaan Indonesia yang ada di katulistiwa dan sekitarnya. Di mana kita mengetahui matahari selalu mengorbit di tempat-tempat tersebut sepanjang hari dan sepanjang tahun. Namun demikian suhu di Indonesia selalu normal tidak terlalu ekstrem seperti negara-negara yang beriklim sub tropis. Keadaam alam inilah yang kemudian masyarakat Indonesia dapat melakukan kegiatan ekonominya dengan baik sepanjang waktu.

Dapatkah kalian membayangkan aktivitas ekonomi dapat berjalan baik ketika turun salju lebat? Tentu saja tidak, karena makhluk hidup tidak akan sanggup berlama-lama di tempat terbuka dengan cuaca sedingin itu. Namun berbeda dengan kondisi iklim di Indonesia, petani dapat menanam padi dan bercocok tanam sepanjang tahun sehingga selalu ada ketersediaan beras dan produksi panen lainnya yang dapat diperjual belikan dan dikonsumsi masyarakat sepanjang hari dengan aman. Begitu pula pedagang, dokter, guru, pelajar, pegawai dan berbagai pekerjaan lainnya dapat melakukan pekerjaannya sepanjang tahun.

B. Pengaruh Keunggulan Geostrategis terhadap Kegiatan Ekonomi


Saya pernah membahas sebelumnya tentang keunggulan geostrategi Indonesia ini. Telah kita uraikan di artikel itu bahwa posisi geografis Indonesia berada pada posisi silang lalu lintas perdagangan dunia. Maksudnya dengan posisi tersebut akan menyebabkan perdagangan bangsa-bangsa Asia dan Australia akan selalu melewati wilayah Indonesia. Perdagangan ini sangat penting pengaruhnya untuk mengembangkan dan memajukan perdagangan di Indonesia. Kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi dan konsumsi sangat efektif di Indonesia. Coba lihat kegiatan ekspor dan impor yang semakin marak, investasi yang selalu meningkat setiap tahun, industri dan perdagangan yang semakin maju, tingkat hunian hotel yang meningkat dan lain-lain. Hal itu semua merupakan sebagai sebab posisi negara kita yang letaknya ada di tengah-tengah antar negara dan sangat strategis. Tapi karena posisi ini pulalah yang memudahkan bangsa-bangsa Barat pada awal-awal abad XV masuk dan menjajah bangsa Indonesia.  Di awali dengan kedatangan portugis pada tahun 1511 di Malaka kemudian selanjutnya oleh bangsa-bangsa Barat lainnya.

C. Pengaruh Keunggulan Tanah Terhadap Kegiatan Ekonomi


Rata-rata kondisi tanah di Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi karena sebagian tanahnya adalah tanah vulkanis. Bahkan jenis tanah yang lain katakanlah tanah Latosol yang batuan pembentuknya berasal dari batuan beku, sedimen, dan metamorf masih baik untuk tanaman padi, palawija, dan perkebunan karena persediaan air yang cukup. Ya, keberadaan musim hujan dan kemarau di Indonesia memungkinkan berbagai tumbuhan dan tanaman mudah berkembang di Indonesia. Pertanian, perikanan, dan perkebunan dapat berjalan dengan baik, demikian pula halnya dengan perternakan. Itu semua menyebabkan menggeliatnya kegiatan ekonomi tersebut yang ujung-ujungnya akan menambah kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Belum lagi hasil hutan yang melimpah berupa kayu, damar, rotan dan berbagai jenis hewan yang akan mendatangkan hasil devisa yang sangat besar bagi negara untuk menunjang pembangunan. Azanul Ahyan.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/14/2016

0 komentar:

Post a Comment