Home » » Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Darat

Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Darat

Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Darat
Sarana Transportasi Darat - Source img: Buku Siswa IPS  VIII-a Kurikulum 2013

Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Darat


Lokasi suatu tempat, kondisi bentang alam daratan, jumlah penduduk dan beragam jenis interaksi yang dilakukannya serta sarana dan prasarana yang tersedia berpengaruh besar terhadap beragam dan jumlah transportasi darat yang ada. Transportasi darat merupakan transportasi yang mudah dan murah. Berbagai jenis kendaraan angkut di darat seperti mobil, taxi, kereta api, sepeda motor, sepeda, becak dan dengan berbagai bentuk dan variasinya masing-masing, di samping mudah ditemukan juga hanya mengeluarkan ongkos yang cukup murah untuk digunakan. Terutama di pulau Jawa.

Pulau Jawa merupakan pulau dengan sarana transportasi darat paling banyak dan paling lengkap di Indonesia. Begitu pula di Bali, Lombok, dan Sumatra yang mirip kondisinya dengan Jawa  walaupun tidak sebanyak dan selengkap di Jawa. Khusus untuk alat transportasi kereta api dikembangkan di Jawa dan Sumatra.

Pertanyaannya mengapa pulau Jawa paling banyak dan paling lengkap transportasi daratnya? Hal ini tidak terlepas dari pengaruh lokasi dan perjalanan panjang sejarah bangsa Indonesia - terutama pada masa kolonialisme Belanda. Pulau Jawa adalah wilayah yang paling banyak dan paling padat di Indonesia. Semakin banyak jumlah penduduk, tentu semakin bervariasi kebutuhan interaksi. Semakin banyak kebutuhan berinteraksi, tentu semakin banyak sarana dan prasarana yang diperlukan.

Di samping jumlah penduduk, kondisi alam juga memengaruhi jumlah dan jenis kendaraan. Kondisi alam yang berbeda, menyebabkan kegiatan ekonomi berbeda pula. Di daerah dataran tinggi kegiatan ekonomi utamanya adalah menghasilkan sayuran dan tanaman perkebunan, sedangkan di daerah dataran rendah adalah pertanian dan perikanan. Kebutuhan antar daerah yang berbeda ini, mendorong munculnya kegiatan distribusi berbagai barang kebutuhan tersebut. Semakin besar jumlah penduduk, semakin banyak kegiatan distribusi barng dan jasa, sehingga sarana transportasi menjadi kebutuhan utama.

Jenis-Jenis Jalan Raya


Beberapa tempat di Indonesia saat ini masih banyak yang belum memiliki fasilitas transportasi darat yang memadai. Jalan raya dan jalan kereta api merupakan sarana yang sangat penting bagi transportasi darat. Mengingat alat angkut ini paling banyak digunakan maka sarana seperti jalan raya dan rel kereta api terus dibangun dan dikembangkan oleh pemerintah begitu pula sarana pendukung atau penunjangnya seperti rambu-rambu lalu lintas, jembatan, dan terminal, untuk kemudahan, kenyamanan, dan keamanan pengendara dan penumpang. Di jalan-jalan yang padat lalu lintasnya dan jalan-jalan yang menuju tempat penting, kondisi jalan rayanya rata-rata sangat baik dan beraspal mulus dan tertata dengan baik. Sedangkan di jalan-jalan yang tidak begitu penting di daerah-daerah pelosok banyak yang belum beraspal.

Karena biaya yang dianggarkan begitu besar untuk membangun sarana transportasi ini maka pembiayaannya di bagi-bagi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten. Itulah sebabnya kita mengenal macam-macam jalan raya, seperti jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten. Jalan nasional adalah jalan penghubung antarprovinsi. Jalan nasional dibangun untuk memperlancar transportasi lintas nasional, sehingga langsung menjadi tanggung jawab negara atau pemerintah pusat. Jalan provinsi dibangun untuk menghubungkan antar kabupaten/kota di dalam provinsi tersebut dan merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi. Sedangkan jalan kabupaten adalah jalan yang menghubungkan antarkecamatan dalam satu kabupaten/kota dan menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota.

Baca Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Ekonomi

Kesimpulan 

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari tema tentang Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Darat adalah transportasi darat merupakan tranportasi yang paling banyak digunakan disebabkan paling mudah untuk didapatkan, paling efisien dan paling ekonomis. Jumlah dan beragamnya jenis kendaraan darat ini dipengaruhi oleh lokasi dan bentang alam daratan, seperti dataran tinggi dan dataran rendah, serta juga dipengaruhi oleh besarnya jumlah penduduk.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/18/2016

0 komentar:

Post a Comment