Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word

Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word
Daftar isi adalah sekumpulan daftar judul atau sub judul yang terdapat pada sebuah buku atau karya ilmiah lainnya, yang memudahkan bagi pembaca untuk mengetahui isi sebuah buku atau karya ilmiah lainnya. Karya ilmiah yang saya maksud adalah makalah, skripsi, thesis, disertasi dan lain-lainnya. 

Daftar isi merupakan suatu komponen yang sangat penting sekali, karenanya akan selalu ada pada sebuah buku atau karya ilmiah. Dengan daftar isi pembaca tahu tentang apa-apa yang ditulis oleh penulis dan dengan daftar isi pula pembaca akan bisa langsung
menuju kebagian apa yang ingin dibacanya.

Penting sekali bagi orang yang suka menulis, terutama bagi para pelajar atau mahasiswa untuk mengetahui dan mampu membuat daftar isi ini. Tentu saja setiap orang yang sudah biasa menulis tentu mampu membuat daftar isi ini, tetapi yang akan kita pelajari di sini adalah bagaimana membuat sebuah daftar isi yang baik dan menarik. 

Cara Membuat daftar isi: 

1. Bukalah Microsoft Office Word Anda. Di sini saya menggunakan Ms. Office Word 2007, tampilannya seperti gambar di bawah. 

Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word
2. Aktifkan batang “Ruler” pada lembar kerja dengan cara klik View > centang Ruler. Lihat gambar 

Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word

3.  Ketikan DAFTAR ISI > Enter, lalu pada baris ke dua ketikan KATA PENGANTAR, arahkan mouse pada batang ruler dan klik sehingga muncul tanda “L” dan buat tanda tersebut sekali lagi, sehingga “L” menjadi dua buah. Lihat gambar berikut : 

Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word

4. Untuk pengaturan posisi, jarak dan sebagainya, klik dua kali tanda “L” yang pertama sehingga muncul jendela Tabs. Setelah jendela Tabs terbuka aturlah hal-hal berikut ini.
- Nilai pada Tab stop position abaikan
- Nilai pada Default tab stops juga abaikan
- Pada Alignment klik “Right”
- Pada Tab Leader pilih No.2
- Lalu Klik tombol Set
- Lalu Klik OK
Untuk memudahkan pemahaman perhatikan gambar di bawah! 

Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word
Setelah itu coba Anda perhatikan tanda “L” yang dibuat pada batang ruler, apakah sudah berubah (saling membelakangi) seperti gambar dibawah. Kalau sudah lanjutkan ke langkah berikutnya! 


5. Arahkan posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, Maka secara otomatis akan muncul titik-titik sebagaimana gambar berikut : 

Belajar Membuat Daftar Isi Dengan Ms. Word
6. Tekan sekali lagi tombol Tab, sehingga kursor meloncat pada tanda “L” yang kedua, setelah itu isikan nomor halaman untuk KATA PENGANTAR. Setelah selesai klik Enter. Lalu ketikan lagi Judul, atau sub judul atau apa saja sesuai dengan isi buku Anda, tekan lagi Tab dua kali seperti tadi, isikan nomor halaman dan Enter. Lakukan itu berulangkali sampai Anda selesai membuat Daftar Isi. Lihat gambar yang paling atas! 

Penting 
-Tanda “L” tadi dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda, dengan cara mendrag atau menggeser salah satu tanda “L” tersebut. Tanda “L” Pertama mengatur batas titik-titik; tanda “L” kedua atau paling tepi mengatur tempat pengisian nomor halaman. Geser ke kiri mendekati tanda “L” pertama jika nomor halaman sudah sampai ratusan (mis. 137). 

Terima Kasih. Semoga Bermanfaat!


Comments