Penggunaan Sel Absolut

Masih seputar Microsoft Excel kali ini kita akan belajar cara penggunaan Sel Absolut dan masih ada sedikit kaitannya dengan Auto Fill yang telah kita pelajari pada artikel sebelumnya, karena kita juga akan menggunakannya.

Sel Absolut adalah istilah untuk sel yang alamatnya berada dalam kondisi terkunci. Maksudnya kita akan menggunakan sel absolut ini untuk mengunci alamat sel sehingga ketika kita menggunakan Auto Fill tidak ikut mengalami perubahan.

Penggunaan Sel Absolut


Cara penggunaan sel absolut ini pun cukup mudah, yaitu dengan menambahkan tanda $, baik secara manual dengan mengetikkannya langsung di keyboard atau dengan menekan F4. Keterangan penggunaan tanda $ sebagai berikut.

1. Apabila anda meletakkan tanda $ ini di depan nama kolom, maka ketika anda menggunakan Auto Fill nama kolom tersebut akan terkunci tetapi nomor barisnya akan berubah. Contoh $A1

2. Jika tanda ini diletakkan di depan nomor baris, maka ketika anda menggunakan Auto Fill nomor baris tersebut akan terkunci tetapi nama kolomnya akan berubah. Contoh A$1.

3. Kemudian apabila anda meletakkannya di depan nama kolom dan nomor baris, maka ketika anda menggunakan Auto Fill alamat sel tidak akan berubah/tetap. Contoh $A$1.

Keterangan:

- $ : Sel Absolut
- A : Nama Kolom
- 1 : Nomor Baris

Untuk lebih jelasnya cara penerapan Sel Absolut ini, mari perhatikan contoh penggunaannya di bawah berikut ini.

Buka Microsoft Excel anda, lalu buat sebuah tabel untuk katakanlah anda akan menghitung persentase dari sejumlah data. Lihat gambar!

Penggunaan Sel Absolut

Perhatikan kolom D (harga discount) dan nomor baris 6, disingkat D6. Disinilah tempat formula kita gunakan. Ketikan di D6 tersebut =C6*B3 lalu Enter.

Penggunaan Sel Absolut

Dalam kondisi begini, jika kita menggunakan Auto Fill maka hasilnya akan salah pada baris-baris berikutnya karena formulanya berubah. Maka supaya tidak terjadi kesalahan perhitungan maka sel absolut adalah solusinya. Maka formula yang tadi kita buat (=C6*B3) harus kita buat menjadi =C6*B$3 baru kita melakukan drag/tarik menggunakan Auto Fill.

Penggunaan Sel Absolut
 
Untuk memahami Auto Fill ini buka postingan saya sebelumnya dengan judul Cara Menggunakan Auto Fill.

Terima kasih atas kehadiran anda. Semoga postingan tentang Penggunaan Sel Absolut ini bermafaat bagi Anda dan sampai jumpa pada postingan berikutnya.




Comments