Cara Menggunakan Fitur Auto Fill

Tahukah kamu apa itu Fitur Auto Fill?

Pertanyaan di atas mengawali isi artikel saya pada kesempatan kali ini, setelah sekian lama ini vakum dari dunia bloging karena kesibukan di sekolah yang tidak dapat ditunda. Bagi orang yang biasa menggunakan lembar kerja excel tentu tidak akan merasa asing dengan fitur tersebut karena fitur Auto Fill ini adalah salah satu fitur pada excel yang sangat membantu untuk mempercepat proses pekerjaan yang dilakukan. Baiknya sekarang langsung saja kita bahas pertanyaan di atas.

Auto Fill adalah fitur pada aplikasi Excel untuk mengisi data pada sel berdasarkan pola tertentu dari data pada sel lain. Adapun kegunaannya seperti yang terdapat dalam pengertiannya, untuk mengisi data pada sel berdasarkan pola tertentu dari data pada sel lain. Slah satu contoh penggunaannya yakni untuk membuat penomoran yang berurutan. Tombol Auto Fill terdapat dalam group Editing pada tab Home atau bisa juga menggunakan drag (geser) dengan mouse. Selanjutnya mari kita belajar bagiamana cara menggunakannya.

Cara Menggunakan Auto Fill

Buka microsoft excel, kemudian buat tabel sembarang saja, kemudian isikan penomoran di kolom baris tabel yang anda buat dan sorot angka dengan cara mengklik pada nomor 1 dan menekan Shift + klik untuk nomor 2. Seperti gambar di bawah ini.

Cara Menggunakan Fitur Auto Fill

Selanjutnya masih dalam keadaan tersorot, dekatkan pointer mouse ke sudut  kanan bawah sampai pointer mouse berubah menjadi tanda plus (+) berwarna hitam. 

Cara Menggunakan Fitur Auto Fill

Berikutnya klik kiri dan tahan lalu drag atau geser ke bawah melewati beberapa cell sejumlah nomor yang anda butuhkan.

Cara Menggunakan Fitur Auto Fill

Hasilnya dapat anda lihat seperti gambar di bawah!

Cara Menggunakan Fitur Auto Fill

Tentu sangat mudah, bukan? Fitur Auto Fill sangat memudahkan dan membantu dalam formula perhitungan terutama ketika kita menghitung angka dalam jumlah yang sangat banyak.

Demikianlah Cara Menggunakan Fitur Auto Fill yang terdapat pada microsoft excel. Semoga pembahasan kita yang singkat dan sederhana ini dapat membantu.


Comments