Home » » TENAGA GEOLOGI

TENAGA GEOLOGI


Apa itu tenaga geologi?

Tenaga geologi adalah tenaga yang berasal dari dalam dan luar bumi yang berguna untuk membangun atau membentuk bumi.
Tenaga geologi ini dibagi menjadi 2 macam, yakni tenaga endogen dan tenaga eksogen.
Tenaga endogen adalah tenaga atau kekuatan yang berasal dari dalam bumi yang bersifat membangun kulit bumi. Sedangkan tenaga eksogen adalah tenaga yang berasal dari luar bumi yang sifatnya menghancurkan dan merusak kulit bumi. Kedua tenaga inilah yang memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk beragamnya lapisan kulit bumi kita, atau yang sering disebut dengan relief bumi.

Proses-proses geologi (eksogen dan endogen) yang membentuk permukaan bumi ini sudah berlangsung sejak terbentuknya bumi

Lalu apa itu relief bumi?

Relief bumi adalah tinggi rendahnya permukaan kulit bumi, baik di darat maupun di laut. Contoh relief daratan : gunung, lembah, sungai, igir, dataran tinggi, dataran rendah dsb. Sedangkan contoh relief lautan : laut, palung, lubuk laut, punggung laut, gunung laut, teluk dsb.

Banyak contoh yang lainnya, coba amati kenampakan bumi yang anda di sekeliling anda!

Bagaimana proses terbentuknya tenaga endogen itu?

Tenaga endogen terbentuk karena adanya/pengaruh arus konveksi. Arus konveksi ini menyebabkan lempeng benua dan lempeng samudera terus menerus bergeser. Jika kedua lempeng tersebut bertumbukan, maka pada umumnya lempeng samudera akan menunjam ke bawah. Semakin ke bawah semakin tinggi temperaturnya, akibatnya lempeng samudera yang menunjam tadi menjadi meleleh atau mencair dan berubah menjadi magma dan mengeluarkan energy. Proses pelelehan lempeng samudera terjadi terus menerus sehingga di zona penunjaman akan terkumpul tumpukan magma serta tumpukkan energy, yang mengakibatkan timbulnya tenaga yang disebut dengan tenaga endogen. Tenaga endogen menyebabkan terjadinya gerakan tektonisme (diastropisme) = pergerakan lempeng-lempeng bumi, vulkanisme = kegiatan atau aktivitas gunung berapi, dan seisme = gempa bumi.

Jadi tenaga endogen itu terdiri atas tiga macam yakni 1. tenaga tektonik (diastropisme), 2. Tenaga vulkanisme, dan 3. Tenaga seisme.

Tenaga Eksogen

Beda dengan tenaga endogen yang timbul dari dalam bumi, tenaga eksogen timbul atau berasal dari luar bumi. Tenaga eksogen ini terjadi karena adanya radiasi sinar matahari, air, angin, organisme (mahluk hidup) dan gletser (longsoran es di pegunungan). Tenaga eksogen ini akan menyebabkan terjadinya proses pelapukan, erosi dan sedimentasi. Proses pelapukan, erosi dan sedimentasi merupakan rangkaian peristiwa yang saling berkaitan dan berurutan. Bisa digambarkan seperti berikut: pertama batuan bumi melapuk atau hancur menjadi batuan-batuan kecil atau serpihan akibat perbedaan suhu bumi yang ekstrem di malam hari dan siang hari; lalu yang kedua, serpihan atau batuan-batuan kecil tadi larut di bawa air atau terbang tertiup angin; dan selanjutnya yang ketiga, serpihan atau batuan-batuan kecil tadi yang larut atau tertiup angin mengendap pada suatu tempat tatkala tenaga yang membawanya berkurang atau hilang. Pengendapan ini akan menumpuk membentuk lapisan batuan yang disebut dengan batuan sedimen.

Tahukah kalian peristiwa terbentuknya lapisan sedimen ini memakan waktu yang sangat lama bisa ratusan bahkan ribuan tahun.

2 komentar:

  1. makasih gan, numpang sedot. kunjungi juga ke blog ane http://geografi-agoes.blogspot.com

    ReplyDelete