Home » » Akhir dan Dampak Perang Dunia II

Akhir dan Dampak Perang Dunia II

Akhir dan Dampak Perang Dunia II. Bom atom yang dijatuhkan di kota Nagasaki dan Hiroshima mendorong Jepang menyerah dan menandatangani perjanjian di atas kapal USS Missouri tanggal 2 September 1945 di Teluk Tokyo. Blok Sentral sebelumnya telah menyerah kepada Sekutu pada bulan Mei 1945.

Akhir dan Dampak Perang Dunia II

Sebab-Sebab Kekalah Blok Sentral

Kekalahan Blok Sentral melawan Sekutu pada dasarnya disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab kekalahan antara lain Blok Sentral tidak ditunjang oleh sumber-sumber kekayaan alam yang tidak mencukupi kebutuhan perang; masuknya Rusia ke dalam Blok Sekutu; Sekutu memiliki daerah jajahan yang dapat menunjang kebutuhan perang; serta Blok Sekutu lebih memiliki keunggulan teknologi persenjataan.

Penandatangan Perjanjian

Perjanjian-perjanjian yang mengakhiri Perang Dunia II sebagai berikut.

1. Perjanjian Postdam, dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 1945 untuk menentukan nasib Jerman. Berdasarkan perjanjian Postdam, Jerman dibagi menjadi dua daerah pendudukan. Jerman Timur diduduki Rusia dan Jerman Barat diduduki oleh Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

2. Perjanjian antara Sekutu dan Jepang pada tanggal 2 September 1945 di kapal USS Missouri. Pada peristiwa itu ditandatangani dokumen Japanese Instrument of Surrender yang kemudian disahkan di San Fransisco tanggal 8 September 1945. Isi perjanjian ini antara lain untuk sementara Kepulauan Jepang diperintah oleh tentara pendudukan Amerika Serikat; Pulau Kurile dan Sakhalin diserahkan kepada Rusia; Mancuria dan Taiwan diserahkan kepada Tiongkok; pengedilan terhadap penjahat perang; serta Jepang diharuskan membayar kerugian perang.

3. Perjanjian perdamaian Paris pada bulan Februari 1945 menentukan nasib Italia. Isi kesepakatan dalam perjanjian Paris antara lain daerah Italia dipersempit; Triest menjadi daerah merdeka di bawah pemerintahan PBB; Ethiopia dan Albania bebas dari kekuasaan Italia; semua jajahan Italia di Afrika Utara diambil oleh Inggris; serta Italia harus membayar kerugian perang.

Dampak Perang Dunia II

Perang Dunia II yang berakhir dengan kemenangan Sekutu ternyata menimbulkan dampak luas bagi peta perpolitikan dunia. Sejak saat itu Amerika Serikat dan Uni Soviet muncul sebagai negara superpower. Peran negara-negara Eropa seperti Inggris, Prancis, Italia, dan Jerman dalam percaturan politik dunia pun memudar. Bahkan, dalam perkembangannya terjadi persaingan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam sebuah era yang dinamakan perang dingin.

Demikian artikel kali ini yang saya beri judul Akhir dan Dampak Perang Dunia II, yang saya ambil atau kutip dari buku PR IPS Terpadu untuk SMP/MTs Kelas IX. Intan Pariwara 2013. Terima kasih atas kesempatan dan kesediaannya berkunjung ke blog ini.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 8/12/2015

0 komentar:

Post a Comment