Kepemimpinan Bedanya Dengan Manajemen

Kepemimpinan Bedanya Dengan Manajemen. Pada artikel sebelumnya Kepemimpinan dalam TQM, kita sudah mengatakan bahwa tidak semua pemimpin adalah manajer, maka konsep manajemen dan kepemimpinan pun agak berbeda. Kepemimpinan merupakan bagian dari manajemen, namun keduanya saling melengkapi. Kotter (dalam Goetsch dan Davis, 1994, p. 229) telah menyebutkan beberapa perbedaan antara manajemen dan kepemimpinan, antara lain:

1. Manajemen berhubungan dengan usaha menanggulangi kompleksitas; kepemimpinan menanggulangi perubahan.

2. Manajemen berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran untuk mengatasi kompeleksitas; kepemimpinan mengenai penentuan arah perubahan melalui pembentukan visi.

3. Manajemen mengembangkan kemampuan untuk melaksanakan rencana melalui pengorganisasian dan penyusunan staf; kepemimpinan mengarahkan orang untuk bekerja berdasarkan visi.

4. Manajemen menjamin pencapaian rencana melalui pengendalian dan pemecahan masalah; kepemimpinan memotivasi dan mengilhami orang agar berusaha melaksanakan rencana.

Tentunya antara manajer yang melaksanakan aktivitas manajemen dan pemimpin yang melaksanakan kepemimpinan juga memiliki beberapa perbedaan. Dalam konteks Total Quality Management (TQM), manajer yang sukses adalah manajer yang mampu menggabungkan karekteristik manajer dan pemimpin secara tepat.Berikut ini adalah beberapa perbandingan antara pemimpin dan manajer:

  • Manajer mengelola; pemimpin melakukan inovasi.
  • Manajers are copies; leaders are originals.
  • Manajer memelihara; pemimpin mengembangkan.
  • manajer berfokus pada sistem dan struktur; pemimpin berfokus pada manusia.
  • Manajer mengandalkan pengendalian; pemimpin mengilhami.
  • Manajer menggunakan pandangan jangka pendek; pemimipin menggunakan pandangan jangka panjang.
  • Manajer menekankan aspek bagaimana dan kapan; pemimpin menekankan aspek apa dan mengapa.
  • Manajer menerima status quo; pemimpin menantangnya.
  • Manajer melakukan sesuatu dengan benar (do things right); pemimpin melakukan sesuatu yang tepat (do the right things).

Sumber:
Total Quality Management
oleh: Fandy Tjiptono dan Anastasia Diana
Labels: Dunia Ekonomi

Thanks for reading Kepemimpinan Bedanya Dengan Manajemen. Please share...!

0 Comment for "Kepemimpinan Bedanya Dengan Manajemen"

Back To Top