Home » » Jual Beli Angsuran

Jual Beli Angsuran

Jual Beli Angsuran
Jual Beli Angsuran. Pada perkembangan ekonomi dewasa ini, terutama hal dalam pengadaan dan persediaan barang sering dilakukan dengan cara kredit atau jual beli angsuran. Di mana pembeli dapat memiliki dan memperoleh manfaat barang tanpa membayarnya secara tunai namun pembayaran diangsur dengan sejumlah dan waktu tertentu yang telah disepakati oleh penjual dan pembeli.

Jadi secara umum, Jual beli angsuran dapat kita definisikan sebagai jual beli barang secara kredit yang pembayarannya dilakukan secara kredit.
Secara umum dalam kegiatan jual beli angsuran ada beberapa hal yang harus disepakati antara penjual dan pembeli, yaitu sebagai berikut.

1. Besarnya Uang Muka

Penentuan besarnya uang muka ini adalah hal yang utama harus disepakati karena akan mempengarauhi kesepakatan yang lainnya. Besar kecilnya uang muka akan mempengaruhi kesepakatan dalam penetapan jumlah dan masa angsuran serta jangka waktu angsuran. Makin besar uang muka yang ditetapkan, makin rendah jumlah uang angsuran katena risiko yang ditanggung penjual semakin kecil.

2. Jumlah dan Masa Angsuran

Kesepakatan penetapan masa angsuran sangat berhubungan erat dengan penetapan jumlah angsurannya karena makin pendek masa angsurannya akan semakin kecil total nilai angsurannya.

3. Jangka Waktu Ansuran

Jangka waktu pembayaran dalam kegiatan jual beli biasanya ditetapkan setiap bulan, tiap minggu, atau tiap hari tergantung kesepakatan antara penjual dengan pembeli.

4. Tingkat Bunga dan Resiko

Penetapan tingkat bunga tergantung pada tingkat bunga yang ditetapkan bank. Artinya makin kecil tingkat bunga yang ditetapkan bank semakin rendah pula tingkat bunga yang ditetapkan oleh pedagang. Selain itu, besar kecilnya resiko tidak dibayarnya angsuran oleh pembeli turut mempengaruhi penentuan tingkat bunga. Makin besar resiko tidak diangsurnya pembayaran oleh pembeli semakin besar pula tingkat bunga yang ditetapkan penjual.

Demikianlah pembahasan singkat tentang jual beli angsuran yang dapat saya ketengahkan kepada para pembaca sekalian. Terima kasih telah berkenan berkunjung di blog ini dan semoga anda semua mendapatkan manfaatnya. Amin
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 9/11/2015

0 komentar:

Post a Comment