Meteor dan Meteorit

Meteor dan Meteorit. Ketika kamu memandang ke arah langit di malam hari yang cerah tidak jarang kamu melihat sebuah benda terang jatuh seakan-akan ke bumi. Benda terang itu adalah meteor atau sebagian orang juga menyebutnya bintang jatuh.
Meteor dan Meteorit

Tahukah kamu bagaimana sebuah meteor terbentuk?

Sisa-sisa bahan pembentuk tata surya yang mengandung bermilyar butiran es yang disebut komet. Sekali-kali terdapat komet yang akan terpental keluar dari lintasannya dan memasuki lintasan ke arah matahari, di sini es tersebut akan mendidih membentuk kepala yang besar serta "ekor" yang panjang. Dalam perjalanannya serpihan komet akan tercecer. Dari bumi, serpihan yang tercecer itu kelihatan seperti hujan cahaya dan disebut meteor.

Hujan meteor juga dapat terjadi, ketika orbit bumi membelah aliran meteor. Bahan meteor tampak bersinar ketika bergesekan dengan lapisan atmosfer bumi. Lapisan bumi yang membuka meteor ini disebut lapisan Mesosfer. Tapi adakalanya meteor ini tidak terbakar seluruhnya dan menghantam bumi. Meteor yang menembus atmosfer bumi ini kemudian dinamai meteorit. Pada umumnya meteorit biasanya terdiri-dari ikatan mineral nikel (Ni) dan besi (Fe).

Perlu kamu ketahui, meteorit terbagi atas tiga jenis dengan nama yang mengucapkan campuran unsur yang ditemukan dalam setiap contoh. Meteorit berbatu tampak seperti batu, tapi biasanya mempunyai kulit yang lebur disebabkan panas tinggi ketika meteorit melewati atmosfer bumi. Meteor besi berisi kristal nikel - besi, dan meteorit besi batu adalah sebagian besi dan sebagian batu.
Meteor dan Meteorit

Meteorit yang terhempas ke bumi memiliki ukuran yang beragam ada yang sebesar kelereng (Tektite), ada yang sebesar penumbuk, namun ada juga meteorit yang lebih besar seperti yang pernah jatuh di Arizona, Amerika Serikat sehingga menyebabkan terbentuknya kawah selebar 1,3 km. Ada juga yang jatuh di Quebec, Kanada membentuk kawah selebar 66 km. Kini kawah tersebut digunakan untuk listrik tenaga air. (Baca juga Benda-Benda Langit Penjelajah)


Comments