Home » , » Membangun Perekonomian Indonesia

Membangun Perekonomian Indonesia

Membangun Perekonomian Indonesia - Indonesia berpeluang menjadi pemimpin kawasan Asia melalui konsep local economic principle (prinsip ekonomi lokal). Konsep ini berupa pengembangan sektor Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM). Kedua sektor ekonomi menginspirasi Indonesia sejak tahun 1660 ketika Robert Norn menerapkan prinsip koperasi. Kenyataannya, prinsip koperasi sesuai dengan kebijakan lokal Indonesia. Negara ini menemukan konsep ekonomi yang bervariasi sebagai akibat penjajahan dari negara asing.

Sudah sewajarnya Indonesia menganut sistem koperasi sebagai alat untuk mengukur dan membangun perekonomian nasional. Konsep koperasi juga memberikan hak suara kepada setiap anggotanya dalam rapat. Prinsip ini jelas berbeda dengan nilai liberal yang dianut oleh World Trade Organization (WTO). Pada organisasi ini negara-negara superpower menentukan nasib perekonomian dunia secara tertutup dan politis. Akibatnya, negara-negara berkembang seolah hanya sebagai penonton dalam perdagangan dunia. Mereka juga tidak memiliki hak untuk menentukan nasib perekonomiannya pada masa mendatang.

Indonesia seharusnya mulai mengembangkan koperasi seperti sebelum kemerdekaan. Perekonomian nasional perlu dipetakan dengan landasan asas kekeluargaan yang termuat dalam koperasi. Meskipun hanya bersifat mikro, koperasi memiliki tingkat stabilitas yang tinggi. Resiko dan keuntungan akan dirasakan oleh seluruh anggota koperasi. Oleh karena itu, pemerintah sewajarnya memperkenalkan kembali konsep ekonomi Indonesia klasik yang diterima dan diterapkan di negara ini. [Silahkan baca: Sejarah Koperasi Indonesia]

Pembangunan perekonomian Indonesia harus dilandasi kerja sama ekonomi dari masyarakat ekonomi bawah yang berperan penting dalam ekonomi mikro. Konsep tersebut sudah terbukti di tingkat dunia. Hal ini tidak bisa dimungkiri karena Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat stabilitas ekonomi cukup baik di dunia. Ada banyak kasus krisis dunia yang bisa menggoyahkan perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, kesadaran menghidupkan koperasi dan UKM bisa dijadikan alasan penting untuk mengembalikan dan merevitalisasi ekonomi Indonesia. [Baca: Sistem Demokrasi Ekonomi]

Artikel yang sedang anda baca ini, dengan judul Membangun Perekonomian Indonesia, bersumber dari Buku PR PG IPS terpadu. Kelas VIII Semester 2, terbitan Intan Pariwara. 2010.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 1/30/2016

0 komentar:

Post a Comment