Home » » Belajar Membuat Foto Kartun

Belajar Membuat Foto Kartun

Bismillah wa bihamdihi. Pada tutorial photoshop kali ini kita akan belajar merubah foto hasil jepretan kita sehingga tampaknya memiliki efek kartun. Postingan ini kemudian kita namakan saja “Belajar Membuat Foto Kartun”. Bagi sahabat yang tertarik, silahkan saja ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Uraian teknik yang akan kita lakukan atau pelajari berkaitan dengan tutorial ini sebagai berikut.
  1. Menyiapkan sebuah foto dari file komputer anda
  2. Melakukan beberapa duplicate Layer dengan mengklik menu Layer di menu utama kerja Photoshop anda.
  3. Menggunakan High Pass
  4. Melakukan beberapa kali penggabungan layer. Cara penggabungan layer dapat dilakukan dengan cara mengklik kanan layer aktif (terblok biasanya warna biru) kemudian menekan Merge Down.
  5. Merubah mode layer dari normal ke mode Vivid Light, lalu ke Hard Light dan Lighter Color
  6. Menggunakan Menu Cutout dan Poster Edges yang terdapat pada menu Filter, dan
  7. Menggunakan fasilitas Match Color di menu Image. 

Ok. Untuk lebih jelasnya mari perhatikan dan langsung praktekkan langkah-langkah di bawah.

 
Langkah 1. Siapkan sebuah foto yang ingin anda jadikan mirip kartun. Kemudian Duplicate background anda caranya klik layer di menu utama lalu pilih duplicate layer dan klik ok. Kemudian lakukan duplikat sekali lagi dengan cara yang sama seperti tadi. Sekarang anda memiliki 3 layer di palet layer.

Belajar Membuat Foto Kartun

 
Langkah 2.  klik filter kemudian pilih Other lalu High Pass kemudian isikan radius 3,0 pixels dan klik OK. Kemudian ubah blending layer aktif (terblok biru) dari normal menjadi vivid light.

Belajar Membuat Foto Kartun

 
Langkah 3. Kemudian satukan layer background copy 2 dengan layer background copy. Caranya klik kanan background copy 2 lalu tekan merge down.
 
Langkah 4. Lakukan duplicate lagi sehingga kembali layer anda menjadi tiga. Kemudian klik Filter pilih artistic lalu klik cutout. Lalu isikan pada Number of Levels 4; Edge Simplicity 4; dan Edge Fidelity 2 kemudian klik OK.

Belajar Membuat Foto Kartun

 
Kemudian ubah blending mode menjadi Hard light. Setelah blending mode diubah, sekarang satukan lagi layernya dengan merge down, seperti langkah 3 di atas.
 
Langkah 5. Selanjutnya ulangi lagi melakukan duplicate layer seperti langkah 4 di atas. Setelah itu klik filter terus artistic, kali ini pilih Poster Edges. Isikan edge thickness 2; edge intensity 1; posterization 2 klik OK. Dan ubah blending mode jadi lighten color.

Belajar Membuat Foto Kartun

 
Langkah 6. Sekarang kembali ke menu utama lagi pilih menu Image kemudian adjustments dan select match color. Kemudian pada kotak yang disediakan match color isikan Luminance 44; Color Intensity 200; dan Fade 100 terus OK. Kemudian setelah itu merge down.
 
Langkah 7. Buat lagi duplicate layer, kemudian Image > Adjustments > match color kemudian isikan Luminance 46; Color Intensity 190; dan Fade 100 terus OK.

Belajar Membuat Foto Kartun

 
Langkah 8. Ini adalah langkah terakhir, lakukan sekali lagi penyatuan layer dengan menggunakan merge down. Hasilnya seperti di bawah (Maaf! Foto tidak sesuai seperti tutorial di atas karena lupa menyimpannya).

Belajar Membuat Foto Kartun


Catatan: Masing-masing nilai/angka di atas sifatnya opsional saja sebagai contoh. Masukkan nilai-nilai pada masing-masing tempat sesuai yang sobat kehendaki. Simpan foto yang telah anda beri efek kartun tadi ke dalam format JPG dan jika sobat ingin mengeditnya kembali kelak simpan dalam format PSD atau Tiff.


Demikianlah tutorial tentang “Belajar Membuat Foto Kartun” yang saya maksud. Bagaimana mudah bukan?
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/08/2016

0 komentar:

Post a Comment