Home » » Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam Antar Region

Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam Antar Region

Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam Antar Region

Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam 

Antar Region


Potensi sumber daya alam yang ada di negara Indonesia terkenal memiliki potensi yang sangat melimpah dan akan tetap selalu tersedia selama alam masih membentang. Sumber daya alam yang kita maksudkan di sini adalah manusia, sinar matahari, udara, tanah, hutan, dan laut.

Sebelum saya lanjutkan, saya terlebih dahulu menjelaskan maksud dari tema kita di atas, mungkin ada di antara kalian belum mengerti.

Potensi artinya kemampuan yang mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan.

Region artinya wilayah.

Jadi maksud tema kita ini adalah kemampuan atau kesanggupan dari sumber daya alam yang tersedia untuk dikembangkan menjadi komuditas/hasil utama pada setiap wilayah yang ada di Indonesia.

Tentunya masing-masing daerah mempunyai produk unggulan tersendiri, bukan? Dari perbedaan potensi SDA inilah nantinya akan menyebabkan terjadinya pertukaran atau perdagangan antar wilayah.

Baik, sekarang mari kita lanjutkan kembali .

Perbedaan potensi SDA ini di masing-masing region, disebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini.

1. Perbedaan akal dan budaya lokal

Akal pikiran manusia banyak dipengaruhi oleh budaya lokal tempat manusia tinggal, akibatnya teknologi budidaya atau teknologi yang dipergunakan untuk mengembangkan SDA yang dimilikipun bersifat lokal, tidak sama dengan teknologi yang dimiliki oleh wilayah lain dengan budaya yang berbeda.

Budaya meliputi pikiran, akal budi, bahasa, agama, dan adat istiadat.

2. Perbedaan fertilitas tanah

Perbedaan fertilitas / tingkat kesuburan tanah yang dimiliki setiap region. Sehingga teknik budidaya yang digunakan juga berbeda sesuai dengan fertilitas tanah itu sendiri dan jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di tanah tersebut.

Jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi tanah setempat inilah yang kemudian akan mengakibatkan  munculnya keunggulan komparatif dari jumlah dan mutu pertanian yang dihasilkan.

Apa yang dimaksud dengan keunggulan komparatif ?

Kunggulan komparatif itu sama dengan keunggulan yang muncul karena adanya perbandingan dengan yang lain.

Contohnya begini misalnya daerah A dan daerah B sama-sama penghasil apel. Tapi ternyata produksi apel di daerah A lebih unggul dari daerah B. Karena jumlah produksi/panen apel di daerah A lebih banyak dan mutunya lebih bagus dari daerah B.

Kalian sudah pahamkan?

Lautan indonesia yang sangat luas menghasilkan sumber daya perikanan dan kelautan yang mampu menopang perekonomian Indonesia. Berbagai hasil perikanan dan hasil laut lainnya dapat mudah kita temukan di Indonesia. Sebagian penduduk Indonesia terutama yang tinggal di daerah pantai menggantungkan hidupnya dari hasil laut, apalagi banyak investor terjun ke industri olahan hasil laut.

Keragaman sumber daya alam di Indonesia hampir semuanya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat atau negara untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk. Keragaman SDA ini pula yang mengakibatkan munculnya komoditas unggulan daerah yang potensial.

Untuk mengetahui komoditas unggulan di daerah kalian masing-masing, amatilah hasil tanaman yang paling dominan/banyak diusahakan di daerah kalian dan bandingkanlah dengan daerah yang lain, sehingga kalian mengetahui seberapa besar potensi dan keunggulan komoditas daerah kalian.

Untuk memandu kalian mengamati keunggulan potensi SDA yang ada di daerah kalian baca artikel singkat di bawah ini.

Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam Antar Region

Amatilah gambar di atas! Apakah di daerahmu terdapat komuditas tanaman ini? Tahukah kamu komuditas kopi di Kabupaten Lampung Barat dijadikan contoh perkebunan terbaik di Provinsi Lampung dan Nasional.

Data menunjukkan luas lahan tanaman kopi Kabupaten Lampung Barat mencapai 60.347,7 hektare lebih, dengan hasil kopi kering per tahun mencapai 29.712 ton per hektare per tahun. Daerah yang subur dimana di dalamnya terdapat potensi perkebunan yang berlimpah, dan tak kurang dari 42 ribu ton per tahun, untuk jenis kopi organik.

Pengolahan kopi rasa menjadi salah satu tren yang ditunjukkan pada peminat kopi yang diwujudkan oleh masyarakat dengan membuat kopi rasa ini, salah satunya, kopi stroberi, dan kopi nanas, bahkan dua jenis kopi rasa tersebut akan menyaingi ketenaran dari kopi luwak.

Semakin baiknya mutu serta kualitas kopi di Lampung Barat, menjadikan daerah ini sebagai contoh bagi beberapa wilayah di Provinsi Lampung dalam peningkatan produksi perkebunan dan mutunya. (Dikutip dari buku Pegangan Siswa Kelas 8 SMP IPS K13 Semester 2).

Setelah kamu membaca ilustrasi di atas, kamu pasti sudah mengetahui keunggulan komoditas daerah lampung, sekarang coba dengan cara yang sama cari dan temukan komoditas sumber daya alam di daerahmu.

Indonesia memang memiliki banyak sumber daya alam, tidak terbatas pada sumber daya alam hayati saja, tetapi juga mencakup sumber daya alam non hayati. Kekayaan ini menyebabkan banyak bangsa-bangsa lain yang iri dengan kekayaan alam Indonesia. Mereka selalu berupaya untuk bisa menikmati hasil alam kita ini.

Kondisi geografis dan potensi yang tidak sama antara daerah yang satu dengan daerah yang lain di Indonesia, menyebabkan setiap wilayah di negara kita ini mengandung sumber daya alam yang beragam. Contoh Pulau Kalimantan dengan hasil batu baranya, Buton dengan Aspal, Jawa Tengah penghasil beras dan Lampung dengan hasil kopinya.

Kerena potensi-potensi SDA yang berbeda dan beragam inilah maka setiap region memiliki keunggulan komparatif sendiri. Untuk lebih jelasnya tentang apa itu keunggulan komparatif, mari kita gunakan contoh di atas.

Misalnya provinsi Lampung dan Jawa Tengah sama-sama dapat memproduksi kopi dan beras. Tapi ternyata Lampung dapat memproduksi kopi secara efisien dan murah, dan sebaliknya Jawa Tengah lebih mampu memproduksi beras dengan murah dan efisien.

Dari permisalan ini, kita dapat mengetahui bahwa keunggulan komparatif yang dimiliki oleh Provinsi Lampung adalah produksi kopi. Dan Jawa Tengah mempunyai keunggulan komparatif dalam memproduksi beras.

Nah, berdasarkan perbedaan keunggulan komparatif ini, jika dilihat dari segi ilmu ekonomi maka perdagangan akan mendatangkan keuntungan bila kedua provinsi tersebut bersedia saling melakukan pertukaran kopi dan beras.

Ditinjau dari sudut pandang politik, keunggulan komparatif ini bisa jadi positif dan dapat pula menjadi negatif. Misal produk olahan makanan yang ada di Jawa Timur yang membanjiri hasil produksinya secara nasional akan mengakibatkan industri olahan makanan yang ada di provinsi lain akan lesu karena kalah bersaing dengan harga yang ditawarkan.

Untuk mengatasi atau mengurangi sisi negatif yang dapat ditimbulkan ini maka diperlukan kerjasama antar region yang dapat mendatangkan keuntungan kepada masing-masing pihak. Bentuk kerjasama ini misalnya pihak region yang satu menyediakan bahan baku sedangkan pihak region yang kedua memproses bahan baku itu menjadi hasil produksi.

Ingat potensi sumber daya alam yang berbeda dan keterbatasan sumber daya alam pada masing-masing daerah memungkinkan kerjasama ini dapat saja terjadi.

Baca: Alternatif Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Dari segi sosiologi, manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan antara yang satu dengan lainnya. Manusia tidak bisa hidup sendiri-sendiri dalam memenuhi kebutuhannya, dia pasti memerlukan bantuan dari orang lain.

Dari sisi sosiologi ini, adanya perbedaan potensi ini diharapkan mampu menyokong daerah lain yang kekurangan. Daerah yang kelebihan beras misalnya, menyalurkan berasnya kepada daerah lain yang kekurangan. Sementara daerah yang kekurangan beras berupaya menawarkan kelebihan sumber dayanya yang lain untuk melakukan pertukaran (barter)

Sehingga dari keadaan saling membutuhkan ini terjalinlah persaudaraan yang erat antar daerah dan terwujudlan persatuan dan kesatuan di NKRI kita tercinta ini.

Sumber daya alam yang kita miliki merupakan penyangga perekonomian di negera kita. karena sumber daya alam mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Hanya negara yang memiliki modal kekayaan SDA sajalah yang akan mampu melakukan pembangunan dengan berkesinambungan.


Hanya sayang, modal berupa sumber daya alam yang kita miliki ini belum sepenuhnya mampu kita manfaatkan dengan baik. Nagara kita masih lebih cenderung mengekspor sumber daya alam masih berupa barang atau bahan mentah, akibatnya harga jualpun rendah pula. 

Baca juga : Peran dan Fungsi SDA

Padahal kalau SDA ini secara maksimal bisa kita manfaatkan niscaya kesejahteraan seluruh penduduk Indonesia akan segera tercapai.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 1/21/2017

0 komentar:

Post a Comment