Home » » Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia

Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia

Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia


Mineral Resource atau dalam bahasa kita disebut sumber daya mineral adalah endapan mineral yang dapat dimanfaatkan atau digunakan secara nyata berdasarkan kriteria geologi dan memiliki nilai ekonomi.

Sumber daya mineral dengan tingkat keyakinan tertentu dapat berubah menjadi cadangan setelah dilakukan pengkajian kelayakan tambang dan memenuhi kriteria layak tambang.

Salah satu keunggulan alam Indonesia adalah kaya akan sumber daya mineral. Tidak kurang dari 30 jenis mineral utama terdapat di Indonesia.

Ke-30 macam mineral itu di antaranya adalah emas, perak, tembaga, nikel, timah putih, timah hitam, aluminium, besi, mangan, chromit, minyak bumi, gas bumi, batu bara, yodium, berbagai garam, berbagai mineral industri (asbes, bentonit, zeolit, belerang, fosfat, batu gamping), batu mulia, termasuk intan, dan bahan bangunan.

Sangat disayangkan kekayaan mineral yang cukup besar ini, masih belum dapat dikelola sendiri secara maksimal oleh negara ini. Salah satu tambang emas terbesar di dunia PT. Freeport di Papua pengelolaannya masih diserahkan kepada pihak asing.

Sampai saat ini (pemerintah) proses negosiasi dan melalui jalur hukum sedang diusahakan untuk mengambil alih saham atau sebagian besar saham PT. Freeport tersebut.

Potensi mineral-mineral ini sangat besar untuk mendatangkan pundi-pundi keuangan negara dan sangat penting untuk menopang pembangunan nasional.

Dalam dunia industri, mineral dijadikan sebagai bahan baku yang diolah menjadi barang yang dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia.

Karena itulah, pemerintah mengurangi ekspor mineral mentah mengingat nilainya jauh lebih rendah dari pada mineral dalam bentuk barang yang sudah jadi atau siap pakai.

Lihat materi sebelumnya Cadangan Sumber Daya Energi Non-Renewable 

Ragam Sumber Daya Mineral Populer di Indonesia


Di bawah ini, akan kita jelaskan beberapa macam dari sumber daya mineral (logam) yang populer di Indonesia dan dapat diperbandingkan kualitasnya dengan hasil  mineral negara lain.

1. Bijih besi

Bijih besi bercampur dengan pasir vulkanik, berwarna hitam mengkilat dan digunakan sebagai bahan campuran semen.

Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia
Tambang Bijih Besi di Cilacap


Pertambangan bijih besi di Indonesia dapat kita temukan di Sumatra Barat, Jambi, NTB, Kalimantan Selatan, Jateng, Jabar, Papua, Sulteng dan Sulsel.

Sementara dalam bentuk penggalian pasir besi dilakukan di Cilacap - Jawa Tengah (yang terbesar), Blitar dan Banyuwangi - Jawa Timur.

2. Nikel

Nikel adalah logam yang umum digunakan untuk bahan campuran berbagai barang dengan bahan baku kuningan, perunggu dan besi.

Fungsi dari nikel ini adalah untuk memperkeras logam campuran yang dihasilkannya, dan juga untuk melapisi logam lainnya agar tampak mengkilat dan bebas dari karat atau pengkeroposan.

Di Indonesia penghasil nikel ada di Soroako Sulsel, Pomala Sulawesi Tenggara, dan juga di Irian Jaya.

Penambangan nikel modern ada di Soroako, dilengkapi dengan pabrik peleburan dan pemurnian yang modern.

3. Timah Putih

Sesuai dengan namanya, timah ini berwarna putih dan tahan karat. Timah putih untuk industri semen, kaleng, dan juga sebagai bahan patri.

Penambangan timah putih terletak di Pulau Belitung dan Singkep, serta beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia
Tambang Timah di Belitung


4. Tembaga

Penambangan bijih tembaga di Indonesia terdapat di Pulau Papua bagian tengah, penambangan ini yang terbesar di Indonesia. Bahkan di Kota Tembagapura sejak tahun 1972 telah dibangun pabrik peleburan bijih tembaga modern.

Selain Papua, penghasil tembaga lainnya di Indonesia dapat ditemukan di Sulut, Sulteng dan Sulsel.

5. Emas dan perak

Emas dan perak termasuk dari dua bahan galian yang tergolong vital. Vital artinya dapat menjamin hidup orang banyak.

Emas dan perak merupakan di antara logam-logam yang sangat diminati oleh manusia.
Sejak zaman dahulu emas dan perak juga dipakai sebagai alat tukar. Artinya barang yang mau dibeli diukur dengan menggunakan nilai emas dan perak.

Emas dan perak dijadikan sebagai perhiasan mahal dan menarik minat bagi kalangan hawa, terutama yang dari emas.

Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia
Tambang Emas yang ada di Indonesia


Emas dan perak banyak terdapat di Indonesia seperti di Kabupaten Sumbawa Barat, Cikotok Banten Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Papua bagian tengah.

Pendulangan emas ilegal juga banyak yang dilakukan oleh masyarakat di beberapa tempat, misalnya yang dilakukan oleh masyarakat di Lombok Utara.

Selain di tempatnya yang khusus tadi, emas dan perak juga dapat diketemukan pada pertambangan tembaga berbentuk urat-urat emas di dalam batuan kuarsa.

5. Bauksit

Pernahkah kamu melihat pintu dan peralatan rumah tangga yang terbuat dari aluminium? Aluminium adalah bahan yang sangat ringan dan tahan karat.

Nah, aluminium itu merupakan hasil olahan dari bauksit, hingga bauksit disebut sebagai bijih logam aluminium.

Sebelum menjadi aluminium, bauksit ini didapatkan dalam bentuk lumpur, kemudian dilebur hingga diperoleh logam aluminium.

Lubuk Linggau Sumatra Selatan, Sanggau Kalimantan Barat, dan Pulau Bintan di Riau adalah tempat-tempat logam bauksit yang banyak di Indonesia.


Sementara itu, pabrik peleburan bauksit menjadi aluminium yang pertama di Indonesia ada di Asahan, Provinsi Sumatra Utara. Pada tahun 2012 produksi bijih bauksit Indonesia sebanyak 30 juta ton.

Next to Fungsi dan Peran SDA Non-Hayati

Demikianlah pembahasan kita tentang materi Keunggulan Sumber Daya Mineral Indonesia semoga berfaedah dan berguna untuk bahan belajar.

Acuan: Buku IPS Pegangan Siswa SMP Kelas VIII Semeste 2, Kurikulum 2013, Kemendikbud.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 3/19/2017

0 komentar:

Post a Comment