Penyimpangan Sosial



Mendeskripsikan perbuatan yang dikatagorikan menyimpang
Semua tindakan atau perbuatan yang menyimpang dari nilai-nilai dan norma-norma masyarakat secara umum disebut dengan penyimpangan sosial
Contoh yang dikatagorikan menyimpang misalnya kebiasaan minum-minuman keras, berjudi, psk, perilaku seksual di luar nikah, pemakaian narkoba, kenakalan remaja dll.
Menentukan upaya pengendalian sosial ditinjau dari sifatnya

  1. Pengendalian sosial yang bersifat preventif adalah pengendalian sosial sebelum terrjadinya penyimpangan atau pelanggaran terhadap norma yang berlaku (bersifat mencegah terjadinya penyimpangan. Contoh, orang tua yang melarang anaknya, agar tidak mengendarai kendaraan di jalan raya dengan ngebut supaya selamat. Hal ini merupakan upaya untuk mencegah agar tidak terjadi kecelakaan.
  2. Pengendalian penyimpangan yang bersifat Represif adalah merupakan usaha pengendalian penyimpangan sosial dengan melakukan usaha pemulihan kembali terhadap masalah yang timbul sebagai akibat terjadinya pelanggaran terhadap norma. Tujuannya adalah untuk menyandarkan dan mengembalikan keserasian (memulihkan) yang pernah mengalami gangguan. Contohnya, seorang guru BP memanggil dan mengumpulkan anak-anak yang sering bolos saat jam pelajaran untuk diberi sanksi. Pemberian sanksi itu bertujuan memulihkan kembali keadaan agar siswa jera dan mematuhi tata tertib sekolah.
  3. Pengendalian penyimpangan sosial yang bersifat kombinasi (gabungan), adalah merupakan usaha pengendalian penyimpangan sosial yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan sekaligus memulihkan kembali keadaan setelah terjadinya penyimpangan. Contohnya, razia PSK oleh aparat di tempat-tempat lokalisasi (represif), kemudian para PSK tersebut diberi bimbingan, penyuluhan dan dibekali keterampilan agar setelah itu tidak mengulangi perbuatannya lagi dan berusaha mencari pekerjaan lain sesuai bakat dan keterampilan yang mereka miliki (preventif).

Menentukan bentuk penyimpangan individu
Penyimpangan individual yaitu suatu bentuk tindak menyimpang yang dilakukan oleh seseorang atau individu secara pribadi karena sudah tidak mengakui adanya norma yang berlaku di masyarakat. Misalnya, penodongan, penganiayaan atau pelacuran oleh seseorang secara sendirian tanpa melibatkan orang lain.


Comments