Penjelasan dari Pengertian Sistem Ekonomi

Penjelasan dari Pengertian Sistem Ekonomi

Sebelum saya memaparkan tentang pengertian dari sistem ekonomi, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan sistem itu sendiri, agar lebih memudahkan kita dalam memahami pengertian dari sistem ekonomi tersebut. menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud dengan sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Contoh: Sistem tata surya, yang bermakna himpunan benda-benda langit, yang walaupun berjauhan dan berlainan, namun seperti dipadukan sehingga saling tergantung satu dengan yang lainnya, bekerja atau bergerak secara serentak dan teratur seperti mengikuti suatu kendali tertentu. Sistem dapaat juga bermakana: metode, cara. Misal, sistem bertinju, yang bermakna gaya atau cara orang bertinju. Nah, dari penjelasan ini, sekarang kita memiliki gambaran samar tentang pengertian sistem ekonomi itu, seperti apa. Baik, untuk memperjelas pemahaman yang samar tadi, saya akan mulai membahas dari pengertian ekonomi tersebut!

Sistem Ekonomi adalah cara suatu bangsa atau negara dalam mengatur kehidupan ekonominya dalam usaha mencapai tujuannya, yakni kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Sistem ekonomi dapat berjalan karena ada unsur-unsur (bagian-bagian) dari sistem ekonomi itu sendiri yang menggerakkannya. Dimana unsur-unsur dari sistem ekonomi terdiri-dari: manusia sebagai pelaksana (subjek), barang-barang ekonomi sebagai objek, dan seperangkat kelembagaan yang mengatur dan menjalinnya atau memadukannya dalam kegiatan berekonomi.

Sistem ekonomi suatu negara, berkembang dan berjalan sesuai dengan falsafah hidup bangsa, sifat dan jati diri bangsa, serta struktur ekonomi suatu bangsa. Itulah sebabnya kehidupan perekonomian masing-masing negara berbeda-beda, walaupun mungkin sistem ekonomi yang dianut oleh banyak negara sama. Contoh, Sistem demokrasi ekonomi yang dianut negara Indonesia, merupakan bagian dari sistem ekonomi campuran yang dianut oleh banyak negara lainnya, tetapi dalam penerapannya berbeda, karena kehidupan ekonomi di Indonesia dipengaruhi oleh falsafah hidup bangsa, jati diri bangsa, dan struktur perekonomian negara Indonesia sendiri. Jadi, yang membedakan sistem ekonomi satu negara dengan negara yang lain bukan lembaga-lembaga ekonomi yang digunakan dalam mencapai tujuan, tetapi yang membedakan adalah falsafah hidup dan jati diri bangsa yang biasa disebut faktor filosofis bangsa.

Akan tetapi, setiap negara di dunia memiliki permasalahan pokok yang sama dalam upaya mereka untuk mengatur perekonomian negaranya. Permasalahan pokok yang sama dihadapi oleh setiap negara, sebagai berikut:

1. What (apa). Maksudnya apa yang akan dihasilkan. Misalnya, apakah tanah yang tersedia akan digunakan untuk menanam padi, kelapa sawit, karet, atau untuk tanah industri.

2. How (bagaimana). Maksudnya, bagaimana cara memproduksi. Misalnya, mengenai teknik atau teknologi yang digunakan untuk memproduksi. Apakah akan menggunakan teknologi canggih yang dapat meningkatkan produksi atau menggunakan alat sederhana yang lebih bisa menyerapa tenaga kerja.

3. Who (siapa). Siapa yang akan melakukan proses produksi. Misalnya, apakah penyediaan air bersih dan listrik akan dilakukan oleh pemerintah atau pihak swasta.

4. When (kapan). Kapan kegiatan produksi akan dilakukan. Misalnya, apakah akan mendahulukan produksi beras atau produksi bahan pangan lain.

5. For Whom (untuk siapa). Maksunya, untuk siapa hasil produksi ditujukan. Misalnya bagaimana pembagian atau distribusi pupuk yang disubsidi dan masyarakat mana saja yang bisa menikmati bahan bakar bersubsidi.

Itulah pertanyaan atau masalah – masalah pokok yang sama dihadapi oleh setiap negara dalam menjalankan perekonomiannya.

Kesimpulan:

Sistem ekonomi merupakan cara atau strategi yang digunakan oleh suatu negara dalam melasanakan perekonomiannya untuk mensejahterakan masyarakat. Sistem ekonomi akan dapat berjalan dengan baik karena ada unsur-unsur yang saling tergantung satu dengan lainnya dan bergerak bersama-sama untuk mencapai tujuan. Sistem ekonomi masing-masing negara berbeda-beda karena dipengaruhi oleh ideologi (falsafah hidup bangsa), budaya, dan pandangan politik yang dianutnya.

Terima kasih, Isnya Allah dilain kesempatan saya akan membahas jenis-jenis sistem ekonomi yang berlaku saat ini di dunia.


Comments