Tips dan Trik, Submit Url Blog di Bing Webmaster

Sebagai kelanjutan artikel saya sebelumnya dan untuk memenuhi janji saya kemarin pada cara mendaftar blog ke google webmaster, kali ini saya akan membahas cara kita mendaftar atau mensubmit Blog di Bing Webmaster. Tidak jauh bedanya bahkan hampir sama cara mendaftarkan blog di kedua mesin engine tersebut. Adapun tujuan kita mendaftar Blog ke Bing Webmaster juga sama dengan mendaftar blog ke google webmaster yaitu bertujuan supaya blog dan artikel kita terindek oleh kedua mesin pencarian itu. Tapi di dalam mendaftarkan blog ke bing webmaster ini pastikan bahwa anda sudah punya akun di Microsoft karena nantinya anda harus sign in ke microsoft untuk melanjutkan pendaftaran blog anda. Jika anda belum punya akun di microsoft silahkan klik link ini Daftar Akun Microsoft untuk membuat akun dengan mudah. Caranya cukup mudah seperti membuat alamat-alamat email lainnya, tinggal mengisikan kolom-kolom isian yang sudah tersedia.

Jika anda sudah membuat atau punya akun di Microsoft silahkan ikuti langkah-langkah mendaftarkan atau mensubmit blog ke bing webmaster berikut ini.

Langkah Pertama 

1. Kunjungi bing webmaster tools
2. Di halaman Submit your site to Bing. Isikan url blog anda mis. http://contoh.blogspot.com dan masukkan Captcha/ karekter yang telah disediakan
3. Untuk melanjutkan, kalau anda belum log in ke microsoft, anda akan diminta sign in di microsoft. Masukkan akun microsoft anda!
Tips dan Trik, Submit Url Blog di Bing Webmaster 1

4. Klik GREAT! SIGN ME UP
Tips dan Trik, Submit Url Blog di Bing Webmaster 2

5. Pada halaman berikutnya, ada opsi anda diminta memasukkan atau menambahkan sitemap. Anda boleh tidak mengisi ini atau mengisinya nanti belakangan. Langsung saja Klik ADD
Tips dan Trik, Submit Url Blog di Bing Webmaster 3

6. Di halaman dasboard bing webmaster tool, pada deretan menu sebelah kiri pilih atau klik Verify Ownership
7. Di halaman Verify Ownership terdapat beberapa opsi di sana. Pilih saja opsi yang kedua, yakni opsi 2: Copy and paste a <meta> tag in your default webpage
8. Selanjutnya copy meta tag yang sudah ada di sana
Tips dan Trik, Submit Url Blog di Bing Webmaster 4

Langkah Kedua

Pada langkah kedua ini, kita akan meletakkan meta tag pada template blogspot kita. Untuk itu perhatikan caranya sebagai berikut:
1. Masuk ke dasboard blog anda
2. Lalu klik template
3. Klik edit HTML
4. Setelah itu cari kode <head> biasanya kode ini berada dibagian atas.
5. Setelah ketemu letakkan atau pastekan meta tag yang sudah anda copy tadi tepat di bawah kode <head> tersebut
6. Simpan template
7. Lalu setelah itu langsung kembali ke halaman bing webmaster tools dan klik tombol VERIFY
8. Selesai

Demikian tips dan trik mendaftarkan blog di bing webmaster tools agar mudah terindeks oleh mesin pencarian Bing dan Yahoo. Semoga bermanfaat!

Saran: Kalau anda menyukai artikel-artikel di blog ini, Silahkan di BOOKMARK untuk kemudahan anda berkunjung kembali dan membaca artikel-artikel menarik kami yang lainnya!


Comments