Cara Memperbaiki dan Merawat Baterai Laptop Yang Ngedrop

Cara Memperbaiki dan Merawat Baterai Laptop Yang Ngedrop

 
Cara Memperbaiki dan Merawat Baterai Laptop Yang Ngedrop
Sumber gbr. google image
Cara Memperbaiki Baterai yang Ngederop. Ada beberapa hal yang menyebabkan baterai laptop menjadi ngederop, di antaranya yaitu:

1. Melakukan charger (pengisian baterai) secara tidak teratur.
2. Menggunakan laptop sambil melakukan charger, apalagi dilakukan secara terus menerus.
3. Menggunakan laptop sampai baterai betul-betul kosong atau sampai laptop mati sendiri

Baterai laptop ngederop karena umur baterai sudah tua katakanlah 2-3 tahun ke atas merupakan hal yang wajar. Karena itu pada artikel tips dan trik kali ini yang kita berlakukan khususnya pada baterai laptop yang ngederop karena ketiga hal di atas atau sebab lain. Namun tidak ada salahnya juga kalau kawan-kawan mencobanya juga pada baterai laptop yang sudah tua. Siapa tahu mungkin juga bisa di perbaiki. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi baterai ngederop. Tetapi di sini saya akan memberikan dua cara saja yang nantinya bisa anda coba salah satunya, kalau nggak bisa yang pertama coba yang kedua.

Untuk mempersingkat waktu silahkan sobat simak tips dan triknya ke dua cara tadi, sebagai berikut:

1. Cara Pertama

  • Pertama-tama Anda harus men-charger baterai laptop sampai full (100 %)
  • Selanjutnya Anda restart atau shutdown laptop lalu masuk ke Bios. Cara masuk ke Bios ini bisa dengan menekan F2, F10, ESC atau tergantung jenis komputer. Anda bisa melihatnya waktu laptop mulai nyala di bawah pojok kiri.
  • Setelah masuk di Bios biarkan baterai laptop sampai habis dan mati sendiri. Oh ya jangan sampai lupa mencoba cok chargernya ya :)
  • Langkah yang terakhir charge laptop sampai penuh kembali, sampai  3-5 jam.
2. Cara Kedua

  • Pertama-tama lepas baterai dari laptop Anda
  • Bungkus baterai dengan plastik yang cukup kuat agar tidak mudah pecah dan bocor dan ikatlah baterai yang sudah dibungkus tadi dengan tali supaya air tidak bisa masuk. (Hati-hati jangan ada bagian dari plastik yang bocor atau berlubang!)
  • Selanjutnya simpan di dalam freezer atau Kulkas selama seharian atau semalam penuh atau lebih lama lebih baik (asal jangan kelamaan ya, boleh sampai 3 hari).
  • Setelah tahap 1, 2, dan 3 selesai Anda lakukan, ambil baterai Anda dari kulkas tadi dan lepas dari pembungkusnya, lalu biarkan pada suhu yang normal (suhu dalam ruangan) sampai kondisi suhu baterai normal kembali seperti sebelum dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Jika suhu baterai sudah normal kembali baru dipasang ke laptop, lalu charge baterai anda dalam keadaan laptop mati. Charge sampai penuh 100 %. INGAT JANGAN HIDUPKAN LAPTOP SELAMA MELAKUKAN CHARGE, HAL INI BISA MENGAKIBATKAN KERUSAKAN FATAL PADA BATERAI ATAU MUNGKIN JUGA PADA LAPTOP ANDA!!!
  • Bila baterai laptop anda sudah penuh, silahkan hidupkan laptop Anda. Lihat apakah kemampuan laptop Anda sudah bertambah atau sudah tidak ngederop lagi. Kalau belum boleh diulang sekali lagi.
Catatan: 
Cara-cara di atas tidak menjamin keberhasilan dalam mamperbaiki kondisi baterai drop, sekali lagi ini tergantung dari kondisi baterai sendiri! Tapi tidak ada salahnya kita mencoba. Jika memang setelah melakukan usaha perbaikan, kondisi baterai tetap tidak membaik itu artinya baterai sudah seharusnya diganti.

Tips Cara Merawat Baterai Laptop


Berikut tips dan trik cara merawat laptop yang saya kutip dari rezakomputer.com. Silahkan disimak:

1. Jangan biarkan sisa baterai hingga 0 %. Sebaiknya lakukan charge (cas) baterai dalam kondisi tidak kurang dari 20 %.

2. Gunakan Cooling Pad atau kipas laptop, supaya sirkulasi udara dapat mengurangi kadar panas pada baterai.

3. Lepaskan perangkat tambahan kalau sudah tidak digunakan lagi. Perangkat tambahan yang dimaksudkan di sini adalah Hardisk eksternal, USB Wifi, Perangkat Bluetooth dan sebagainnya. Untuk lebih meringankan kerja baterai.

4. Kapasita RAM / Memori. Semakin besar kapasitas penyimpanan RAM / Memori, maka akan membuat baterai laptop semakin irit penggunaannya. Kerena proses kerja laptop akan jadi sangat ringan.

OK sekian dulu, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Semoga Bermanfaat !



Comments