Cara Menjadikan Anak Anda Jenius

Cara Menjadikan Anak Anda Jenius
Apakah anda ingin anak anda menjadi anak yang jenius? Tentu. Semua orang tentu menginginkan anak-anaknya menjadi seorang yang jenius. Cuma permasalahannya bagaimana caranya supaya si anak bisa menjadi serperti yang kita harapkan tersebut. Lalu permasalahannya lagi, apakah bisa seorang anak menjadi jenius bila bawaannya atau gen-nya berasal dari kedua orang tua yang tingkat IQ-nya biasa-biasa saja? Kedua kondisi tersebut terkadang membuat orang pasrah dan menerima keadaan yang sudah ada.
Para ahli menyatakan,  “sekalipun kearifan seorang anak sangat erat hubungannya dengan genetika bawaan, namun banyak sekalipun peniltian ilmiah yang menunjukkan bahwa pembinaan setelah lahir juga merupakan sangat penting yang tidak boleh diabaikan.” Hal ini sangat penting untuk kita hayati bersama bahwa setiap orang berhak untuk mendapatkan tingkat IQ yang lebih, bukan hanya didominasi oleh orang-orang yang memiliki keturunan super cerdas yang datangnya dari sono saja. Mari ini menjadi salah satu motivasi bagi kita untuk penuh semangat memberikan bimbingan dan didikan bagi anak-anak kita.

Apa sebaiknya dilakukan sang ibu saat mengandung? Pendidikan anak sebaiknya dimulai semenjak anak masih berada dalam kandungan. Para dokter menyatakan, bayi dalam kandungan usia tiga bulan sudah mempunyai perasaan, empat bulan sudah mampu merasakan suara dari luar. Suara yang datangnya dari luar ini terus merangsang organ indera anak yang berada dalam kandungan, dan mendorong pertumbuhannya, memiliki peran yang penting bagi pertumbuhan intelegensi. Pada usia kandungan 5 – 6 bulan cerebral cortex (bagian otak yang penting untuk mengingat, memperhatikan, menyadari, berpikir, mengerti bahasa dan lain sebagainya) mulai terbentuk. Bila pada masa ini, si bayi yang berada dalam kandungan tadi, anda perdengarkan musik ataupun dilakukan pemijatan lembut pada bagian perut akan dapat meningkatkan pertumbuhan intelegensi si anak.

Apa yang paling baik dilakukan setelah si anak lahir? Sebagai ayah dan bunda, maka sudah menjadi sebuah kewajiban bagi mereka untuk mengajarkan pengetehuan dasar bagi bayi mereka semenjak dilahirkan. Bimbinglah anak anda dengan penuh kasih sayang, dengan hati yang lembut, murah hati, dan hormat. Ini akan dapat meletakkan dasar keperibadian yang unik bagi anak, bahkan dapat membuat anak memiliki kemampuan belajar dan sikap bergaul yang baik.

Di samping yang telah kita bahas di atas tadi, berikut beberapa cara dan upaya untuk menjadikan anak-anak kita menjadi jenius.

1.Belajar Musik

Belajar musik dapat melatih otak kanan anak. Menurut hasil penelitian Universitas Toronto, pelajaran musik dapat meningkatkan intelligence quotience dan prestasi sekolah. Semakin lama dipelajari, hasilnya semakin jelas.

2.Memberi ASI (Air Susu Ibu)

Para ahli mengatakan bahwa dalam air susu ibu tersedia berbagai macam zat dan gizi. Selain itu ASI juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan intelegensi bayi. Bayi yang diberikan ASI selama sembilan bulan secara nyata lebih pandai dari bayi yang meminum ASI selama satu bulan. Bayangkan kalau anda memberikan ASI kepada bayi anda, genap selama 2 tahun.

3.Jaga Kesehatan Anak

Kesehatan seorang anak memiliki hubungan erat dengan pelajaran anak di sekolah. Jadi usahakanlah si anak tetap sehat dengan memberikan asupan gizi yang baik dan tanggap tentang perubahan fisik dan mental anak anda. Bahkan penelitian dari Oppenheimer Funds menunjukkan bahwa olah raga berkelompok bukan saja meningkatkan rasa percaya diri, membangun spirit kebersamaan, bahkan dapat memupuk kecakapan memimpin.Penelitian telah membuktikan delapan puluh satu persen dari para direktris perusahaan pada saat masih kecil, semuanya pernah bergabung dalam suatu kegiatan organisasi.

4.Permainan Anak atau Games

Ada banyak permainan atau games yang dapat meningkatkan spirit bersosial, kreativitas dan inspirasi, bahkan ada yang dapat melatih anak untuk berpikir dengan bijaksana serta melatih kemampuan membuat rencana. Berikanlah games sejenis itu.  Awas waspadalah terhadap permainan yang mengarahkan anak bersikap brutal, nyentrik dan malas berpikir. Untuk itu amatilah jenis permainan yang sedang dimainkan oleh anak anda.

5. Menolak Junk Food atau Makanan Sampah

Junk food seperti makanan yang berkadar gula tinggi, berlemak tinggi, dan junk food yang lainnya segera dikurangi walaupun makanan jenis ini rasanya enak sekalipun. Gantilah dengan memakan makanan sehat yang bergizi tinggi, ini akan meningkatkan perkembangan intelegensi dan motorik anak, terutama bagi bayi yang belum genap berusia dua tahun, hal ini sangat penting. Misalnya, seorang anak yang harus mengonsumsi zat besi untuk membantu pertumbuhan otak. Kalau kurang jumlahnya, penghantaran impuls syaraf akan melemah.

6. Menumpuk Rasa Ingin Tahu

Para pakar mengungkap, ketika orang tua mendorong anaknya untuk berpikir atau untuk memiliki pemikiran tersendiri maka sesungguhnya orang tua si anak sedang mengarahkan anaknya pada pentingnya menuntut pengetahuan.Menaruh perhatian yang besar pada minat anak, mengenalkan dan mengajarkan keterampilan baru pada mereka pada setiap ada kesempatan mendidik di luar rumah, semua ini merupakan cara yang baik sekali guna memupuk dambaan anak untuk menuntut pengetahuan.

7. Perbanyak Membaca

Ajarkanlah anak anda tentang pentingnya membaca, karena membaca dapat meningkatkan intelligence qoutient seseorang secara langsung dan sangat efektif. Membacakan cerita untuk anak, menjadi anggota perpustakaan, menambah koleksi bacaan semuanya merupakan cara-cara yang sangat baik untuk membangkitkan minat membaca anak anda.

8. Biasakan Anak Anda Makan Pagi

Anak yang selalu sarapan memiliki ingatan yang lebih baik, lebih mampu berkonsentrasi, dan juga mampu belajar lebih cepat dibanding dengan anak yang tidak pernah sarapan. Hal ini berdasar penelitian ilmiah pada tahun 1970. Jadikan usahakan anak anda untuk selalu sarapan. Dari pada sama sekali tidak makan pagi, berilah anak anda makan sepotong kue atau segelas susu, karen hal ini akan sangat membantu belajar anak anda di sekolahnya.

Demikian cara-cara untuk menjadikan seorang anak anda menjadi jenius. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita para orang tua dan para calon orang tua untuk memberikan arahan dan bimbingan yang tepat untuk anak-anak kita. Terima kasih. (Dari berbagai sumber)
Labels: Non Katagori

Thanks for reading Cara Menjadikan Anak Anda Jenius. Please share...!

0 Comment for "Cara Menjadikan Anak Anda Jenius"

Back To Top