Hidrosfer Selimut Air

Hidrosfer Selimut Air

Bumi diselimuti air? Kenapa tidak, sebagian besar daratan kita terdiri dari air. Bahkan udara yang menyelimuti bumi juga merupakan uap yang mengandung banyak air. Tahukah anda 75% permukaan bumi tertutup air. 95% dari keseluruhan air yang ada di daratan itu adalah air samudera dan air laut sebagai air asin. Sisanya seperti air sungai, air danau , air tanah, dan air yang berasal dari lapisan es, kemudian sekelompok jenis air ini kemudian disebut sebagai air tawar. Jadi mana lebih banyak air asin dibandingkan dengan air tawar penghilang dahagamu?

Hidrosfer merupakan selimut air yang mengelilingi bumi. Air yang terdapat di bumi kita ini memiliki suatu siklus, yang kita kenal dengan siklus hidrologi. Siklus hidrologi ini sebagai pertanda bahwa air yang berada di bumi, baik di permukaan maupun yang ada di kedalaman bumi tidak bisa diam alias selalu bergerak menuju suatu tempat dan kemudian kembali ketempat semula.

Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi bisa kita gambarkan sebagai penjaga kelangsungan keberadaan air. Artinya kita tidak mungkin bisa membayangkan kalau siklus air ini terputus. Karena jika siklus ini terputus maka ketersediaan air akan habis. Kalau air habis apa yang akan terjadi?
 
Hidrosfer Selimut Air
Siklus Hidrologi berawal dari penguapan air permukaan. Hidrosfer selimut air.
Untuk membuktikan ini, coba kalian renungkan siklus air atau siklus hidrologi berikut.

Siklus dimulai dari evaporasi (penguapan) baik air darat, laut maupun air yang berasal dari tumbuhan (transpirasi). Kemudian uap air tadi menjadi dingin atau mengalami kondensasi sehingga membentuk awan. Pada saatnya butir-butir air yang berada di dalam awan kemudian menjadi lebih dingin sehingga terjadi hujan atau yang disebut dengan presipitasi. Selanjutnya air hujan yang jatuh ke bumi ini, sebagiannya masuk ke dalam tanah atau infiltrasi dan sebagiannya lagi yang tidak meresap oleh tanah menjadi air yang mengalir dipermuakaan atau sebagai air limpasan (run off). Terakhir air tersebut, baik yang ada di dalam tanah dan yang ada di permukaan mengalir kembali ke laut. Dan akan kembali terulang proses hidrologi dari awal.

Baik kalau kamu belum jelas, bagaimana siklus hidrologi ini bisa terputus? Coba renungkan apa yang akan terjadi jika air di laut dicemari oleh limbah pabrik? Kemudian apa yang terjadi jika pohon-pohon yang meresap air banyak ditebang untuk kepentingan industri? Dan apa pula yang akan terjadi kalau sungai-sungai tertutup sampah dan limbah buangan? Dan apa-apa lainya lagi yang menyebakan air tercemar.

Kesimpulan:

  • Hidrosfer merupakan lapisan air yang mengelilingi permukaan bumi. yang kemudian kita istilahkan dengan selimut air.
  • Sekitar 75% air menutupi permukaan bumi dan dari semua kumpulan air itu sebanyak 95% berada di samudera dan laut.
  • Air melakukan pergerakan menuju suatu tempat dan kembali ketempat semula kemudian kita sebut dengan siklus hidrologi atau siklus air.
  • Jagalah kebersihan lingkungan dengan demikian kelangsungan air di bumi kita akan terjamin keberadaannya.

Semoga artikel tentang Hidrosfer Selimut Air ini bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa baca juga artikel yang membahas Lapisan-Lapisan Atmosfer Bumi dan Awan, Gambar Awan, dan Jenis-Jenisnya. Terima Kasih.


Comments