Pengertian APEC dan Tujuan

Pengertian APEC dan Tujuan
Pengertian APEC dan Tujuan - APEC adalah Organisasi kerjasama ekonomi di kawasan Asia Pasific yang anggotanya berjumlah 21 negara, yaitu:
  1. Dari Benua Amerika adalah: Amerika Serikat, Kanada, Meksiko, dan Chili.
  2. Dari Benua Asia adalah: China, Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, dan Rusia.
  3. Dari Benua Australia adalah: Australia, Selandia Baru, dan Papua Nugini.
  4. Dari ASEAN adalah: Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Brunei Darussalam, dan Vietnam.
Dan sejak tahun 2013 Negara Mongolia diterima menjadi anggota, sehingga sampai sekarang ekonomi anggota APEC berjumlah 22 negara.
APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) dibentuk di Canberra, Australia pada tahun 1989. Organisasi kerja sama ekonomi ini digagas dan diusulkan oleh Bob Hawke, Perdana Menteri Australia. Semenjak gagasan perhimpunan APEC muncul, maka setiap tahun diadakan berturut-turut diadakan pertemuan konsultasi kepala negara anggota kecuali Taiwan (yang diwakilkan oleh pejabat level menteri yang dinamai Tionghoa Taipei sebagai kepala ekonomi). Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC pertama berlangsung di Canberra, Australia pada 6-7 November 1989. Indonesia pernah dua kali menjadi tuan rumah KTT APEC, yakni di Bogor, pada tanggal 15 November 1994 dan di Bali, tanggal 1-8 Oktober 2018.

Pertemuan-pertemuan tersebut membahas masalah-masalah yang berhubungan dengan liberalisasi perdagangan dan investasi di kawasan Asia Pasific. Pertemuan yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2001 di Shanghai Cina dihasilkan antara lain mengenai memperluas visi APEC, agenda APEC harus lebih menekankan kerjasama antara para menteri keuangan guna memperbaiki pengaturan ekonomi. Menginstruksikan para pejabat untuk mengidentifikasikan tindakan konkrit untuk mempermudah perdagangan, Setuju untuk lebih memajukan kebijakan perdagangan guna memacu pertumbuhan ekonomi baru. 

Tujuan APEC


Tujuan pokok APEC adalah melakukan liberalisasi perdagangan dan investasi, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan kualitas sumber daya manusia untuk meningkatkan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Pasifik. 

Untuk mencapai tujuan tersebut APEC telah menyusun agenda liberalisasi secara bertahap, yaitu : (1) tahun 2010, liberalisasi perdagangan dan investasi di antara negara industri maju di kawasan Asia Pasifik, (2) tahun 2020, liberalisasi perdagangan dan investasi di antara negara di kawasan Asia Pasifik.

Next Article: Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional.


Comments