Keunggulah Tanah di Indonesia

Keunggulah Tanah di Indonesia

Keunggulan Tanah di Indonesia. Tahukah kamu begitu banyak jenis tanah di Indonesia yang tersebar di seluruh nusantara tercinta ini? 

Banyaknya berbagai jenis tanah ini merupakan keunggulan tersendiri, karena tanah adalah media tanam yang baik untuk berbagai macam tumbuhan, tempat tegak dan berdirinya bangunan, industri, perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan lain-lain. 

Untuk itu penting sekali mengetahui jenis-jenis tanah sehingga kamu tahu cara memanfaatkan dan mengolahnya sehingga hasil yang di dapat maksimal..

Tanah di Indonesia subur, salah satunya disebabkan Indonesia berada di daerah vulkanis. Indonesia memiliki banyak gunung api yang letusannya setiap saat dapat menyuburkan tanah. 

Mengapa gunung berapi dapat menyuburkan tanah? 

Letusan gunung berapi menyemburkan abu vulkanis sebagai penyubur kembali tanah yang kurang subur. Tanah di Indonesia yang subur akan mengakibatkan berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik. 

Kondisi tanah yang subur, iklim tropis dengan sinar matahari dan curah hujan yang cukup merupakan keunggulan komparatif tersendiri bagi wilayah negara kita. Dengan kata lain tanah di Indonesia dapat ditanami berbagai jenis tanaman dan memberikan hasil yang besar. 

Tanah di Indonesia yang subur akan mengakibatkan berbagai jenis hewan/fauna dapat hidup dengan baik. 

Dengan kondisi tanah yang  subur, iklim tropis dan curah hujan yang cukup, tanah di Indonesia dapat ditanami berbagai jenis tanaman sebagai penyedia makanan bagi berabagai jenis hewan/fauna. 

Itulah sebabnya Indonesia juga kaya dengan berbagai jenis hewan, baik yang hidup secara alami maupun yang secara sengaja diternakan. (Buku Siswa IPS SMP Kelas 8 Kurikulum 2013).

Baca juga: Profil Tanah Vertikal.

Dengan membaca uraian di atas sekarang terbukalah bagi kita tentang kekayaan negara Indoenesia yang sangat banyaknya. 

Dari segi keunggulan tanah saja, kita bisa melihat kekayaan yang melimpah baik yang terkandung di dalamnya seperti minyak, nikel, bauksit, aspal, berbagai mineral dan barang tambang lainnya, maupun beragam kekayaan yang ada dan tumbuh di atasnya seperti beragamnya flora-fauna, pertanian, perkebunan, perternakan, untuk industri, ketersedian air tawar yang melimpah, dan masih banyak lainnya. 

Alhamdulillah kalau pemerintah dan swasta mampu mengelolanya untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Insya Allah.


Comments