Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word

Pada tutorial kali ini kita akan belajar “Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word”.

Membuat nomor halaman di MS. Office Word sangat simpel, kita bisa menggunakan menu Page Number yang memang sudah disediakan di sana.

Cuma mungkin yang membuat sebagian dari kita kesulitan adalah ketika kita harus memberikan nomor yang berbeda pada setiap halaman yang kita buat. Seperti pada sebagian halaman kita menggunakan penomoran dengan angka Romawi, sedangkan pada halaman yang lain kita memakai penomoran biasa.

Padahal pemberian nomor yang berbeda seperti itu sudah menjadi standar yang lazim dan keharusan apabila kita menulis buku, makalah, proposal, skripsi, thesis, desertasi, dan lainnya.

Karena alasan yang sederhana inilah akhirnya saya menulis dan menshare artikel ini untuk membantu rekan-rekan yang masih kesulitan. Silahkan ikuti cara-caranya di bawah ini.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Ms. Office Word


Biasanya pada makalah, buku, dan lain-lain tadi, penomoran di bagi menjadi dua bagian. 

Bagian pertama, mulai dari cover dalam sampai daftar isi penomoran menggunakan angka romawi : I, II, III, IV dan seterusnya.

Bagian kedua, mulai Pendahuluan sampai daftar pustaka menggunakan angka : 1, 2, 3, 4, dan seterusnya.

Sekarang mari lihat cara memberi penomoran berbeda tersebut.

1. Tentu saja yang pertama kali anda lakukan adalah membuka karya ilmiah yang telah anda buat.

2. Pada bagian menu pilih Insert > Page Number > Format Page Numbers. Atur ke angka Romawi dan klik OK.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word


Setelah itu pilih lagi Insert > Page Number > Pilih posisi penempatan nomor halaman yang anda sukai. Sekarang semua halaman karya anda berangka Romawi.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word


3. Tempatkan kursor mouse anda pada halaman terakhir yang ingin diberikan angka Romawi. Contoh angka Romawi terakhir dibagian daftar isi, karena pada halaman selanjutnya bagian Bab 1 Pendahuluan, akan kita beri nomor-nomor yang lain.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word


4. Selanjutnya klik Page Layout > Breaks > Next Page. Ini digunakan untuk melakukan break atau memutus pengaturan nomor Romawi tadi, sehingga pada halaman berikutnya tidak muncul kembali.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word


5. Langkah terakhir yang kita lakukan adalah mengulang semua langkah kedua di atas. Bedanya cuma kali ini format page numbers kita ubah lagi ke penomoran biasa. Perhatikan gambar!

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda Di Microsoft Word

Demikianlah Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word. Mudah bukan ? Akhirnya, selamat mencoba!


Comments