Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word – Ketika kita membuat sebuah karya tulis ilmiah, maka hal penting yang harus ada dalam karya tulis itu adalah daftar isi yang memudahkan bagi pembaca untuk melihat bagian apa saja yang menjadi pembahasan di dalam karya tulis itu. 

Daftar isi juga memudahkan para pembaca untuk langsung menuju halaman yang dikehendaki tanpa membuka halaman demi halaman yang tentu saja cukup merepotkan dan menyita waktu. 

Cara membuat daftar isi di Ms. Office Word 2007, 2010, dan 2013 cukup mudah. Ada dua cara yang dapat kita lakukan dalam membuatnya, yakni membuat daftar isi secara manual dan secara otomatis.

Pada tutorial kali ini, kita akan belajar cara membuat daftar isi secara otomatis. Dan bagi Anda yang ingin tahu cara membuat daftar isi yang rapi secara manual, silahkan anda klik link artikelnya Disini

Tip dan Trik : Membuat Daftar Isi Otomatis 


Secara global daftar isi itu meliputi: halaman sampul, Abstrak, Kata Pengantar, halaman daftar isi itu sendiri, daftar tabel, daftar lampiran, bab-bab dan sub-sub bab, dan terakhir daftar pustaka. Yang saya sebutkan ini, mungkin struktur yang ada pada skripsi atau PTK. 

OK anda tidak perlu memusingkan struktur di atas, yang penting anda buat saja sesuai kebutuhan anda. Langsung saja ikuti tip dan trik membuat daftar isi otomatis di Microsoft Word di bawah ini. 

1. Buka file karya tulis anda yang akan dibuatkan halaman daftar isi (yang saya gunakan ini Microsoft Office Word 2010, sama saja dengan Ms. Office 2007 dan 2013). 

2. Sorot/tempatkan kursor di Judul Utama atau Bab (misal BAB I) kemudian klik Heading 1 . Begitu pula sebelumnya gunakan Heading 1 untuk Halaman Sampul, Abstrak, kata pengantar dan lainnya.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

3. Kemudian sorot sub bab atau sub judul pertama (misal A. Latar Belakang) kemudian klik Heading 2.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

4. Untuk sub judul kedua (misal 1. Prestasi Belajar) kemudian klik Heading 3


Jika tulisan anda memiliki sub judul ketiga gunakan Heading 4. Tapi biasanya Heading ini tidak dipergunakan, cukup sampai Heading 3.

5. Lakukan terus untuk bab dan sub bab sub bab selanjutnya, kita urutkan berdasarkan heading yang ada di microsoft word. 

6. Tempatkan kursor mouse di area mana anda akan menempatkan/membuat daftar isi tersebut. Klik saja (biasanya setelah kata pengantar) pada bagian paling bawah. 

7. Sekarang lihat Ribbon (daftar menu yang ada di atas lembar kerja Microsoft Word) klik References > Table of Contents > pilih opsi pertama atau opsi kedua. Jangan pilih opsi ketiga, karena opsi ketiga itu untuk membuat daftar isi secara manual. 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Setelah anda menyelesaikan langkah-langkah di atas tadi, maka secara otomatis daftar isi yang kita buat terbentuk, seperti gambar di bawah.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Mengedit / Memodifikasi Daftar Isi


Tentu saja setelah tabel daftar isi ini jadi, ada kemungkinan perubahan-perubahan baik penambahan maupun pengurangan pada laporan atau karya tulis yang kita buat, sehingga nomor halaman berubah. Misalnya yang semula halaman 1 berubah menjadi halaman 2 dan seterusnya. 

Maka yang harus anda lakukan adalah mengupdate daftar isi tadi. Caranya yaitu: Klik Kanan daftar isi yang anda buat tadi, kemudian klik Update field. 
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Setelah itu akan muncul 2 pilihan sebagai berikut: 

1. Update page numbers onli artinya yang di perbaharui cuma nomor halamannya saja. 

2. Update entire table artinya mengupdate keseluruhan daftar isi. Jadi kalau Anda hanya mengupdate nomor halaman saja pilih yang pertama setelah itu klik OK. 

Maka sekarang nomor-nomor halaman anda sesuai dengan daftar isi. (tapi sebaiknya selalu gunakan Update entire table karena lebih lengkap bukan nomor halaman saja yang berubah).

Begitu pula kalau anda tidak puas dengan bentuk huruf dan sebagainya, Anda bisa merubahnya dengan cara klik daftar isinya lalu pilih References > Table of Contents > Insert Table of Contents. Maka akan muncul form table of contents. 

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Anda bisa mengutak-atik model/style yang anda inginkan di Form Table of Contents ini. 

Catatan sebaiknya jangan memodifikasi hurufnya dengan menu font atau menu Paragraph yang ada di daftar menu pada Ribbon, karena hal itu bisa merusak susunan daftar isi.


Demikian keterangan dari Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word semoga membantu.


Comments