5 Manfaat Bermain Diluar Ruangan

5 Manfaat Bermain Diluar Ruangan

Sebagian besar dari anak-anak pada hari ini asyik bermain di dalam ruangan atau di rumah dengan tablet dan video game. Mereka sangat senang dan sangat menikmati kedua permainan ini, sehingga mereka tidak mau, atau mungkin lupa untuk melibatkan diri dalam permainan di luar ruangan bersama teman-teman sebaya.

Tahukah anda, jika anda sebagai orang tua menemukan anak anda seperti ini, berhati-hatilah dan sama sekali hal tersebut tidak bisa dibiarkan berlanjut.

Anak-anak harus bermain di luar, ini akan membuat mereka lincah dan bersemangat. Biarkanlah putra putri anda bermain dengan teman-teman sebaya di luar, anda akan melihat mereka merasa berjiwa bebas dan sehat.

Kendala utama yang dirasakan anak pada waktu ini adalah rutinitas yang membuat anak merasa terjebak di antara sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler, ditambah dari sikap defensif orang tua terhadap anak-anak mereka. Sikap defensif ini timbul karena keinginan kedua orang tua melindungi anak-anaknya dari luka dan memar.

Bersikap melindungi dan perhatian anak memang penting, tetapi jika terlalu ketat dalam mengawasi anak, tentu itu tidak baik bagi perkembangan jiwa si anak. Karena itu, sedikit longgarlah membiarkan anak bermain dan berintraksi dengan teman-teman mereka di luar rumah.

Yakinlah bermain dan bercengkrama adalah bagian dari masa kanak-kanak yang harus diingat dengan mesra pada waktu mereka dewasa kelak.

Di bawah anda akan melihat dan mengetahui manfaat yang didapat oleh anak jika dibiasakan bermain di luar rumah (outdoor play).

5 Manfaat bermain Di Luar Ruangan


1. Meningkatkan kemampuan belajar


Anak akan belajar lebih baik ketika semangat, pikiran dan tubuh terlibat secara bersamaan. Dengan melakukan permainan di luar, seluruh keperibadian mereka akan berkembang dan dengan demikian kemampuan mereka dalam belajar juga semakin tumbuh.

2. Baik untuk kesehatan


Ketika anak bisa menjelajahi hal-hal di luar, mereka cenderung lebih aktif. Saat mereka bermain di alam terbuka, itu membakar kalori dan meninggikan stamina. Ini juga akan membangun otot-otot dan secara keseluruhan membugarkan mereka. Anak-anak harus kuat semenjak masih kecil, bahagia dan sehat.

3. Meningkatkan keterampilan sosial


Pintu luar rumah anda adalah tempat di mana anak-anak merasa bebas. Ini adalah dunia terbuka bagi mereka, di mana mereka bebas melakukan berbagai aktivitas permainan tanpa perasaan khawatir dan cemas.

Selain itu, dengan melangkahkan kaki mereka keluar dari rumah untuk bermain, di sana mereka akan bertemu dengan anak-anak lain dan juga berkenalan serta berteman dengan anak baru. Hal ini memungkinkan untuk memperbaiki kemampuan sosial dan komunikasi mereka.

4. Membangun kreativitas


Bermain di luar ruangan dapat memotivasi kreativitas anak anda. Ini akan merangsang imajinasi tak berujung mereka. Hal ini bisa terjadi karena tidak ada batasan dan hambatan seperti yang akan mereka temukan di dalam rumah.

5. Hidup Sehat


Ketika bermain di bawah sinar matahari, itu artinya anak-anak mendapatkan Vitamin-D yang memiliki fungsi untuk membantu perkembangan tulang dan gigi, juga membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh mereka. Bermian di luar ruangan membuat anak-anak bahagia dan lepas.

Ini juga memiliki peran yang sangat baik dalam meningkatkan sikap positif mental, membuat mereka menjalani kehidupan yang sukses dan bahagia.

Menghabiskan waktu diam di dalam rumah apalagi tanpa melakukan kegiatan apapun, tidak akan membuat anak anda menjadi sehat, bahkan membuat mereka menjadi lesu alias tidak bergairah.

Dorong anak anda untuk pergi keluar, bermain dan menggunakan semua tenaga mereka secara konstruktif, terutama ketika anak terlihat gelisah, setelah duduk berlama-lama di dalam rumah. Dengan bermain, pasti akan membantu mereka untuk mendapatkan kembali kedamaian dan perasaan rilek.

Jangan lewatkan: Tahapan Perkembangan Kognitif Anak.

Demikian 5 manfaat bermain di luar ruangan yang akan diperoleh oleh anak-anak anda ketika bermain bersama dengan teman-teman sebaya mereka.

Artikel ini merupakan terjemah bebas dari artikel berbahasa Inggris berjudul “5 Benefits of Outdoor Play” yang ditulis oleh Vaaridhi Vairagi.


Comments