Home » , » Materi Pengayaan : Tindakan Sosial

Materi Pengayaan : Tindakan Sosial

Materi Pengayaan : Tindakan Sosial

Sebagai makhluk sosial manusia tidak bisa lepas dari hubungannya dengan manusia lain. Itu lah sebabnya sedikit banyak tingkah laku manusia dipengaruhi oleh orang lain. Pengaruh itu bisa berasal dari keluarga, teman dan masyarakat di lingkungan kita. Selanjutnya tingkah laku tersebut kemudian disebut dengan tindakan sosial.
 
Materi Pengayaan : Tindakan Sosial
Tindakan sosial merupakan perilaku atau perbuatan untuk mencapai tujuan
Materi Pengayaan : Tindakan Sosial. Tindakan sosial merupakan perilaku manusia untuk mencapai tujuan subjektif dirinya. Tindakan sosial manusia didapatkan dari proses belajar dan proses pengalaman dari orang lain. Dalam hal ini pendidikan terutama pendidikan di lingkungan keluarga sangat penting untuk mengamati, menyerap dan memfilter semua informasi dan perilaku yang didapatnya. Dengan demikian dia mampu menyaring dan memilah perilaku apa yang baik untuk ditirunya, dan tentu saja akan meninggalkan perbuatan yang tidak pantas untuk ditiru untuk menghindari terjadinya penyimpangan sosial. Jika tindakan sosial itu baik dan bermanfaat bagi orang lain, semakin lama tindakan sosial tersebut dapat dianggap sebagai suatu kebiasaan yang harus dilakukan oleh seluruh anggota kelompok sosial.

Pada dasarnya tindakan sosial dibedakan menjadi empat tipe yaitu:

  1. Bersifat Rasional (Instrumental). Artinya segala tindakan atau perbuatan yang dilakukan didasarkan pada pertimbangan dan pilihan secara sadar (rasional), dan dengan pertimbangan yang masak. 
  2. Berorientasi Nilai. Artinya mengacu kepada nilai-nilai baik yang diyakini oleh masyarakat. Sasarannya perbuatannya berorientasi kepada manfaat, tidak terlalu mempertimbangkan tujuan. Bagi tindakan sosial ini yang penting adalah kesesuaian tindakan dengan nilai-nilai dasar yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.
  3. Tradisional. Tindakan sosial tradisional adalah tindakan yang mempergunakan pertimbangan kondisi kebiasaan yang telah baku dan ada di masyarakat. Oleh karena itu, tindakan ini cenderung dilakukan tanpa rencana terlebih dahulu, baik tujuan maupun caranya karena pada dasarnya mengulang dari yang sudah ada.
  4. Afektif. Tindakan atau perbuatannya dikuasai oleh perasaan atau emosi. Oleh karena itu seringkali perbuatan yang dilakukan secara mendadak tanpa pertimbangan (irasional). Afektif sama dengan perasaan marah, cinta, sedih, gembira dan semua perasaan yang bisa timbul secara spontan.

Kesimpulan:

Tindakan sosial adalah segala perbuatan manusia yang didapat dari proses belajar dan proses pengalaman yang didapat dari orang lain untuk mencapai maksud dirinya peribadi atau subjektif dirinya. 

Tindakan sosial dibedakan menjadi 4 yakni : 1) Bersifat rasional; 2) Berorientasi Nilai; 3) Tradisional; dan 4) Afektif.

Sumber acuan artikel “Materi Pengayaan : Tindakan Sosial adalah buku panduan pendidik IPS Terpadu untuk SMP/MTs kelas VII. Penyusun Agung Feryanto, dkk. JP Books. 2010.

Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 9/17/2015

0 komentar:

Post a Comment