Home » » KEUNGGULAN GEOSTRATEGIS INDONESIA

KEUNGGULAN GEOSTRATEGIS INDONESIA

Keunggulan geostrategis Indonesia


Keunggulan geostrategis berhubungan dengan letak geografi suatu wilayah. Jika kita  hubungkan dengan Indonesia, maka yang kita maksudkan adalah keunggulan Indonesia yang berhubungan dengan letaknya di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta dua samudera yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.
KEUNGGULAN GEOSTRATEGIS INDONESIA
Indonesia berada pada posisi silang

Coba cermati dengan baik letak Indonesia di peta dunia, apakah yang dapat kamu pikirkan? Tentunya kalian dapat melihat dengan jelas bahwa posisi Indonesia dengan negara lainnya sangat strategis karena Indonesia terletak ditengah-tengah dan berada pada posisi silang. Nah, letak inilah yang merupakan salah satu keunggulan geostrategis Indonesia yang kemudian berimplikasi kepada keuntungan yang lainnya masih terkait dengan letak geografisnya ini. 


Posisi silang ini kemudian yang membuat Indonesia berada pada jalur transportasi perdagangan. Perairan ini sejak dulu dilalui dan disinggahi oleh kapal-kapal dagang dari negara atau kerajaan luar, seperti India, Eropa, Tiongkok, dan Arab. Dampak yang lain adalah beragamnya budaya dan suku bangsa di Indonesia.

Di zaman sekarang letak geografis ini menjadi keunggulan geostrategis yang sangat penting bagi Indonesia. Strategis karena dia menjadi persimpangan lalu lintas perdagangan dunia, baik transportasi darat, laut, dan udara. Sebagian besar perdagangan antar negara akan melalui wilayah Indonesia. Misalnya perdagangan dari Australia ke Asia, atau sebaliknya.

Di atas tadi keuntungan yang bisa kita dilihat dari sisi transportasi dan perdagangan. Keuntungan lain dari letak geografis negara kita ini adalah kondisi cuaca dan iklim yang sangat bagus, memiliki musim penghujan dan panas yng tidak ekstrem (tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas). Ini disebabkan Benua dan Samudra memiliki karekter yang berlainan yang kemudian secara berkala mempengaruhi keadaan iklim dan cuaca. Sangat bagus untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai jenis flora dan fauna.

==> Persebaran Flora dan Fauna Indonesia

Karena yang kita fokuskan adalah tentang kunggulan geostrategis Indonesia. Untuk lebih jelasnya mari kita sebutkan beberapa keuntungan dan kerugiannya.

Keunggulan geostrategis di antaranya:


1. Pergantian musim hujan dan panas yang terjadi setiap enam bulan menyebabkan terdukungnya aktivitas pertanian, perkebunan, dan perikanan dengan sangat baik. 

2. Laut dan perairan Indonesia yang sangat luas berakibat pada melimpahnya ikan dan terumbu karang, yang berpotensi besar meningkatkan kesejahteraan para nelayan.

3. Banyak terdapat panorama alam yang sangat indah. Hal ini dapat meningkatkan potensi wisata di Indonesia bila dikelola dengan semakin baik. Ini bisa dilihat dari semakin meningkat jumlah turis dari manca negara yang datang ke Indonesia. Daerah wisata di Lombok misalnya dari lima ratusan ribu wisatawan setiap tahun pada tahun 2008 meningkat menjadi hampir tiga juta wisatawan pada 2015 di bawah pimpinan TGB. DR. KH. Zainul Majdi, MA. Gubernur NTB 2008 – 2017, dua kali periode.

4. Lalu lintas perdagangan baik melalui transportasi darat, laut, dan udara menjadi semakin ramai. Hal ini akan mendatangkan devisa berupa bea yang sangat besar bagi negara Indonesia dan melimpahnya berbagai barang yang masuk di Indonesia sehingga banyak pilihan dan harga menjadi murah dan terjangkau.

Kerugian atau dampat negatif di antaranya:


1. Laut yang sangat luas menyebabkan pencurian ikan dari negara asing banyak di Indonesia. Ini akan mendatangkan kerugian yang sangat besar dan berkurangnya hasil tangkapan nelayan Indonesia, apalagi pencuri ikan asing ini menggunakan kapal besar dan pukat harimau. Pemerintah Indonesia sekarang cukup tegas menindak para maling ikan ini dengan menangkap dan meledakkan kapal-kapal mereka.

2. Wilayah Geografis Indonesia yang sangat luas mengakibatkan keamanan dan kedaulatan Indonesia terancam. Untuk menjaga keamanan ini, Indonesia semakin memperbanyak dan mempermodern persenjataan militernya (alustista), seperti pesawat tempur, kapal perang, rudal, dan sebagainya.

3. Barang-barang ilegal dan haram sangat mudah untuk diselundupkan ke Indonesia kalau batas wilayah Indonesia tidak di awasi dengan maksimal.

4. Budaya asing yang negatif yang tidak sesuai dengan keperibadian bangsa masuk dan diserap oleh masyarakat terutama dari kalangan mudanya. Hal ini juga harus mendapatkan perhatian serius dari pemerintah, pendidik, dan orang tua untuk meembentengi pemuda dari nilai-nilai dan norma yang tidak sesuai dengan watak bangsa Indonesia.

*Keunggulan Lokasi Indonesia*

Kesimpulan


Keunggulan Geostrategis Indonesia yang sangat banyak ini berkaitan dengan letak geografisnya yang berada posisi silang di antara negara-negara lainnya dan keadaan musimnya yang sangat di pengaruhi oleh perbedaan karekter iklim antara samudra dan benua yang menjadi sebab terjadinya pergantian musim hujan dan musim panas secara berkala atau setiap 6 bulan sekali.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/11/2016

0 komentar:

Post a Comment