Home » » Pembagian Iklim Menurut F. Junghuhn

Pembagian Iklim Menurut F. Junghuhn

Pembagian Iklim Menurut F. Junghuhn
Di dalam ilmu iklimotologi yang membahas tentang perubahan cuaca dan iklim, para ahli dalam bidang tersebut telah mengklasifikasikan (membagi-bagi) iklim dari sudut pandang pengamatan mereka. Iklim Matahari misalnya membagi iklim menurut intensitas dan lama tidaknya bumi menerima sinar matahari. Ada lagi Iklim Fisis yang membaginya berdasarkan keadaan alam, Iklim Koppen, yang membagi iklim berdasarkan suhu udara dan curah hujan bulanan atau tahunan. Dan terakhirnya yang kita bahas ini, yakni Iklim F. Junghuhn.

Baca artikel sebelumnya:  Keunggulan Lokasi Indonesia!

Adapun F. Junghuhn membagi iklim berdasarkan ketinggian tempat dan suhu serta kesesuaiannya dengan jenis tanaman tertent. Iklim Junghuhn ini sangat cocok untuk memetakan iklim di wilayah Indonesia yang mempunyai kondisi dan relief yang beragam.

Menurut F. Junghuhn, iklim tropis di Indonesia dibagi menjadi 4 zona atau daerah:
  1. Zona iklim panas terletak pada ketinggian 0-600 m dpl dengan temperatur udara 220C – 26,30C. Jenis tanaman yang cocok untuk ketinggian ini adalah padi dan tebu, juga tembakau, cokelat serta kelapa.
  2. Zona iklim sedang terletak pada ketinggian antara 600 m – 1.500 m dpl, suhu udaranya 17,10C – 220C. Tanaman yang tumbuh subur di daerah ini adalah tembakau, kopi, dan cokelat. Bisa juga padi dan beberapa jenis sayuran.
  3. Zona iklim sejuk terletak pada ketinggian 1.500 m – 2.500 m dpl dengan temperatur atau suhu udara 11,10C – 17,10C. Jenis tanaman yang sangat baik untuk ketinggian ini adalah kopi, teh, kina, dan sayuran.
  4. Zona dingin terletak pada ketinggian di atas 2.500 m dpl dengan suhu 6,20C – 11,10C. Pada ketinggian dan suhu yang sangat dingin seperti ini tidak akan ada jenis tanaman budi daya yang akan bisa hidup dan tumbuh.
Demikianlah pembagian iklim untuk wilayah Indonesia menurut F. Junghuhn. Semoga postingan yang singkat ini cukup mampu untuk menambah pemahaman kita tentang perbedaan iklim dan suhu untuk daratan di Indonesia, sekaligus untuk jenis tumbuhan yang cocok untuk daerah tersebut.
Azanul Ahyan
Azanul Ahyan Updated at: 11/09/2016

0 komentar:

Post a Comment