Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis adalah letak suatu wilayah sesuai dengan kondisi wilayah yang sebenarnya di permukaan bumi. Letak geografis ini posisinya ditentukan oleh fenomena-fenomena geografis yang membatasinya, seperti gunung, sungai, laut, benua, dan samudera, itulah kenapa letak geografis ini sering disebut dengan letak relatif. maksudnya batas atau letak suatu wilayah tergantung dari kenampakan-kenampakan geografis yang membatasinya.

Berdasarkan ini Letak Geografis Indonesia adalah kepulauan Indonesia  diapit oleh dua benua, yakni Benua Asia di sebelah barat laut dan Benua Austaralia di sebelah tenggara, dan Indonesia juga diapit oleh dua samudera yakni Samudera Hindia di sebelah barat dan Samudera Pasifik di sebelah timur laut.

Pengaruh Letak Georafis Indonesia terhadap kondisi fisik, ekonomi dan sosial budaya

  • Pengaruh secara fisik ----> Letak geogrfis Indonesia ini menyebabkan Indonesia dilalui oleh angin muson (monsoon) yaitu angin yang berganti arah dua kali dalam satu tahun. Adanya pengaruh angin muson ini menyebabkan wilayah Indonesia mengalami dua musim, yakni musim kemarau dan musim penghujan.
  • Pengaruh dari segi ekonomi ----> Letak geografi Indonesia ini menyebabkan Indonesia terletak pada posisi silang lalu lintas perdagangan dan pelayaran dunia (internasional). Posisi yang strategis ini akan memberikan keuntungan bagi negara kita secara ekonomi, tetapi bisa juga merugikan bagi negara kita kalau terjadi konflik (Perang Dunia).
  • Pengaruh dari segi sosial budaya ----> Indonesia mendapat pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dari negara luar. Hal ini memungkinkan terjadinya asimilasi kebudayaan yang dapat menambah keragaman corak budaya Indonesia.


Comments