Cara Membuat Ebook dengan Format CHM

Tips dan trik kali ini membahas tentang Cara Membuat Ebook dengan Format CHM. Sebagian dari kita mungkin sudah tidak asing dengan ebook yang memiliki format chm ini. Tetapi tentunya juga banyak juga yang belum tahu cara membuatnya. Dan karena dasar inilah yakni keyakinan bahwa tentu ada yang belum bisa atau bingung dalam membuat buku berformat chm ini, saya pada kesempatan kali ini mencoba berbagi dengan kawan-kawan tersebut tentang cara-cara membuat buku dalam format chm.

Format chm merupakan bentuk format yang sangat baik untuk buku yang memiliki banyak Bab-bab dan sub bab. Karena dengan format file chm ini secara otomatis akan terbentuk link yang akan memudahkan pembaca membuka bab demi bab yang ingin dibaca. Baik kalau anda tertarik, mari kita mulai membahas langkah demi langkah membuat format buku dalam file chm ini. 

Yang harus anda lakukan pertama kali adalah menginstal softwere helpworkshop dan helpndoc. Bagi sobat yang belum punya softwere ini, silahkan anda bisa download, untuk html helpworkshop klik di sini 
Dan untuk helpndoc klik di sini. Oh ya, dengan softwere helpndoc ini selain anda bisa membuat buku dengan format chm anda juga bisa mencetaka buku anda dalam format pdf dan lain sebagainya. Nanti ada pilihannya. 

Setelah sobat menginstal kedua softwere tersebut, baik mari kita langsung saja masuk ke langkah-langkah cara membuat ebook chm tersebut. 

Langkah pertama
Buka softwere HelpNDoc yang sudah anda instal tadi. Setelah HelpNDoc terbuka klik New Project. Kemudian langsung saja klik Create empty project. Lihat gambar di bawah.
Cara Membuat Ebook dengan Format CHM
Gambar 1

Langkah kedua
Setelah anda mengklik create empty project tadi, anda akan dibawa ke form general setting.
Isikan judul buku anda pada Project title.
Isikan Nama anda pada kolom Author.
Pada kolom Copyright ganti tulisan Dates dengan tanggal pembuatan buku, ganti pula tulisan Authors dengan nama anda.
Ubah Project language dengan bahasa Arab jika buku anda banyak tulisan Arabnya, sedangkan untuk Project charset biarkan saja tanpa diubah.
Setelah semuanya sudah siap klik menu Add Topic di atas untuk membuat bab demi bab dari buku anda. 

Cara Membuat Ebook dengan Format CHM
Gambar 2
Langkah ketiga
Setelah anda mengklik add topic tulis judul bab buku anda yang tersedia di kolom sebelah kiri. Dan pada kolom yang lebar anda bisa langsung menulis isi bab dari buku anda atau bisa juga dengan copy paste.
Untuk membuat sub bab, anda klik Add Child Topic yang terdapat pada menu Add topic tadi.
Untuk merubah icon supaya tampilannya tidak ‘?”, klik Topic properties lalu pilih Topic icon. Atau anda bisa klik kanan pada icon tanda tanya tadi lalu sorot Topic icon.
Untuk memasukkan file gambar dan sebagainya klik Add item. 

Cara Membuat Ebook dengan Format CHM
Gambar 3
Langkah keempat
Ini merupakan langkah terakhir yang kita lakukan dalam membuat buku chm ini. Kalau semuanya sudah siap sekarang tinggal mencetaknya ke dalam chm, untuk itu Klik Generate help, akan muncul beberapa pilihan dari format buku yang anda inginkan, centang chm bulid documentation kalau anda hanya ingin format buku anda chm saja atau biarkan semuanya tercentang kalau anda ingin buku anda dalam berbagai format. Setelah itu klik Generate tunggu sampai proses selesai lalu Close. 

Cara Membuat Ebook dengan Format CHM
Gambar 4
Maka selesailah sudah langkah-langkah membuat buku atau ebook dengan format chm. Di bawah ini contoh ebook chm yang telah saya buat. Cuma di dalam ebook ini hanya menggunakan bab-bab tanpa sub bab. 

Cara Membuat Ebook dengan Format CHM
Gambar 5
Terima kasih semoga bermanfaat.



Comments